Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan bola voli paling bergengsi di Indonesia, Proliga 2020 siap bergulir dan salah satu tim yang akan berlaga yaitu Jakarta Pertamina Energi bakal menggunakan GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah sebagai markas.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan oleh manajemen Proliga 2020, Purwokerto bakal menjalani tuan rumah seri kedua putaran pertama pda 31 Januari hingga 2 Februari. Adapun pembukaan Proliga sendiri bakal berlangsung di GOR Bulutangkis Pekanbaru, Riau, 24-26 Januari.

"Dipilihnya Purwokerto karenakan kota ini memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk pelaksanaan sekelas Proliga. Kita tahu kalau GOR Satria yang juga disebut sebagai GOR Sasana Krida Raga Satria," kata manajer tim putra Jakarta Pertamina Energi, Sutrisno dalam keterangan resminya, Selasa.

Pada kejuaraan yang sama sebelumnya, tim Jakarta Pertamina Energi memang berpindah-pindah markas. Jawa Tengah selama ini memang menjadi basis tim bola voli yang didukung penuh oleh salah satu BUMN besar di Indonesia itu.

"Kita harus coba. Jangan selalu Yogyakarta dan Solo," kata Sutrisno menambahkan.

Terkait dengan persiapan, Sutrisno mengaku sudah dilakukan sesuai dengan tahapan. Bahkan pihaknya juga akan memaksimal kuota pemain asing yang masing-masing tim diwajibkan mengontrak dua pemain.

Proliga 2020 ini diikuti enam tim putra dan lima putri. Keenam tim putra terdiri dari juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS.

Untuk tim putri yaitu juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda Jatim.

Untuk lokasi pertandingan sendiri selain Pekanbaru dan Purwokerto ada enam kota yang lain yaitu Palembang, Gresik, Bandung, Kediri, Solo, dan Yogyakarta. Proliga 2020 akan dibuka di Pekanbaru, 24 Januari dan ditutup di Yogyakarta, 19 April.

Baca juga: Proliga 2020 akan dibuka di Kota Pekanbaru

Baca juga: Purwokerto tuan rumah baru Proliga 2020

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020