Untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini kita bisa langsung tahu jumlah pergerakan pesawat, jumlah penumpang, sampai data kargo d
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II melayani 5,3 juta penumpang selama Natal dan Tahun Baru 2020 di 16 bandara yang dikelola.

“Secara keseluruhan operasional dan layanan bandara selama periode Natal dan Tahun Baru 2020 sangat lancar, dan ini hari terakhir jadi secara resmi posko kita tutup dengan jumlah penumpang mencapai lebih dari 5,3 juta penumpang,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Awaluddin menjelaskan bahwa pelaksanaan angkutan Natal dan tahun baru kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Penumpang AP II capai 3,2 juta orang selama Natal

Tahun ini telah hadir posko digital angkutan natal dan tahun baru guna memantau seluruh aktivitas bandara serta mengkoordinasikan para personil keamanan dan pelayanan dalam untuk merespons berbagai isu, di samping penyajian data frekwensi penerbangan dan jumlah penumpang yang dapat diperoleh secara langsung (realtime).

“Untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini kita bisa langsung tahu jumlah pergerakan pesawat, jumlah penumpang, sampai data kargo dan juga data On Time Performance (OTP) setiap Maskapai dan Bandara. Semua datanya realtime,” jelas Awaluddin.

Sementara itu, puncak arus penumpang libur natal dan tahun baru 2020 terjadi pada 20 Desember 2019, tercatat sebanyak 322.644 penumpang.

Baca juga: Desain pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta resmi dimulai

Sedangkan puncak arus balik libur natal dan tahun baru 2020 terjadi pada 5 Januari 2020, tercatat sebanyak 318.752 penumpang. Lebih lanjut, pergerakan pesawat selama periode natal dan tahun baru 2020 mencapai 40.175 pergerakan dengan didominasi oleh penerbangan domestik.

Ada pun lima tujuan terfavorit untuk penerbangan internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Jeddah, dan Penang.

Untuk lima tujuan terfavorit penerbangan domestik antara lain Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makassar, dan Semarang.

Baca juga: Penumpang Bandara AP II turun, Kertajati justru naik

“Dengan berakhirnya periode Natal dan Tahun Baru 2020, kami berharap pelanggan merasa nyaman dengan layanan yang kami berikan. Kesuksesan dan kelancaran operasional momen Natal dan Tahun Baru 2020 juga tidak lepas dari kerjasama yang baik dengan pihak maskapai, kepolisian bandara, bea cukai, imigrasi, karantina dan seluruh komunitas bandara lainnya. Harapan kami agar seluruh penumpang bisa merasakan ‘travel experience’ yang berbeda diseluruh bandara AP II,” kata Awaluddin.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi pada PT Angkasa Pura II khususnya Bandara Soekarno Hatta yang mempersiapkan serta memberikan pelayanan dengan baik untuk menghadapi masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Menhub mengatakan, pelayanan yang diberikan AP II di Bandara Soekarno Hatta terhadap pengguna jasa sudah sangat baik dengan memanfaatkan teknologi digital maupun yang sifatnya “human interest”.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta siap layani 21 rute pengalihan Bandara Halim

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020