Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta para anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI membantu menyelesaikan permasalahan daerah.

"Ada beberapa kekurangan yang dimiliki daerah, salah satunya keterbatasan anggaran, kami minta para senator bisa membantu menyelesaikan permasalahan tersebut," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Selasa.

Hal itu disampaikan Markus saat menerima kunjungan kerja Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti bersama lima anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung di Kantor Bupati Bangka Barat di Mentok.

Baca juga: Anggota DPD dukung Kementerian Luar Negeri terkait Natuna

Menurut Markus, ada beberapa program dan kegiatan untuk kepentingan masyarakat yang selama ini dilakukan pemerintah daerah, namun belum bisa optimal karena kekurangan anggaran, seperti program BPJS, infrastruktur dan lainnya.

"Dalam pertemuan tersebut kami juga serahkan dokumen program pembangunan yang bisa mendapatkan bantuan penganggaran dari pemerintah pusat, kami berharap DPD RI membantu agar pembangunan di Bangka Barat bisa berjalan dengan baik," katanya.

Menurut dia, Bangka Barat yang berada di wilayah kepulauan memiliki potensi luar biasa yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejumlah kegiatan pembangunan selama ini sudah dilakukan pemkab setempat guna mendorong kemandirian masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraannya.

"Tahun ini Bangka Barat menduduki peringkat pertama dalam penanganan kemiskinan, bahkan menurut data BPS angka kemiskinan terendah se Babel 2,67 persen, hal ini cukup membanggakan," katanya.

Baca juga: Pemerintah Aceh Minta dukungan DPD Permanenkan dana Otsus

Selain itu, capaian dalam bidang kesehatan dengan prestasi sebagai kabupaten sehat dan pola penanganan kasus stunting juga patut mendapatkan apresiasi seluruh pihak.

Menurut dia, kunjungan sejumlah senator RI ke kabupaten Bangka barat merupakan sebuah kebanggaan dan diharapkan akan membawa dampak positif dalam gerak pembangunan daerah dan pelayanan publik yang dilakukan pemkab.

"Melalui kunjungan kerja tersebut kami berharap para anggota DPD RI selalu mendukung Bangka Barat agar semakin maju," katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti menyatakan akan selalu mendukung upaya pemkab dalam berbagai program pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kunjungan kami ke daerah untuk menyerap aspirasi dan membawa permasalahan daerah untuk dicarikan solusi di pusat dan memastikan program pembangunan di daerah sejalan dengan pemerintah pusat," katanya.

La Nyalla Mattaliti menambahkan, saat ini sedang ada pembahasan rancangan undang undang daerah kepulauan yang diinisiasi DPD RI yang didorong untuk bisa segera diselesaikan.

"Kami memahami permasalahan di daerah, terutama di wilayah kepulauan, dengan adanya undang undang tersebut kami harapkan masyarakat di daerah kepulauan yang memiliki karakteristik berbeda bisa semakin maju," katanya.

Baca juga: La Nyalla: DPD harus jadi katalisator pembangunan
Baca juga: DPD targetkan RUU Daerah Kepulauan disahkan pada 2020

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020