PMI-Tim SAR temukan seratusan korban banjir Lebak di dalam hutan

PMI-Tim SAR temukan seratusan korban banjir Lebak di dalam hutan

Personel PMI dan Tim SAR gabungan unsur TNI dan Polri saat mengevakuasi korban bencana banjir bandang yang terisolasi di areal hutan dan perbukitan di Desa Cigobang, Kecamatan/Kabupaten Lebak, Banten. (Antara/HO/PMI)

Ada sekitar 150 warga yang mengungsi di dalam hutan dan kondisi memprihatinkan seperti lemas karena mereka sudah sekitar beberapa hari bertahan di hutan
Lebak, Banten (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Tim Search and Rescue (SAR) dari TNI dan Polri berhasil menemukan seratusan warga yang merupakan korban banjir bandang di Kampung Cigobang, Kabupaten Lebak, Banten di dalam hutan.

"Ada sekitar 150 warga yang mengungsi di dalam hutan dan kondisi memprihatinkan seperti lemas karena mereka sudah sekitar beberapa hari bertahan di hutan untuk menyelamatkan diri saat banjir bandang menerjang perkampungan mereka di Desa Cigobang, Kecamatan Lebak," kata Koordinator Lapangan PMI di Pos Lebak Gedong Awang melalui sambungan telepon, Selasa.

Baca juga: Presiden: Banjir bandang di Lebak akibat tambang ilegal

Informasi yang dihimpun, seratusan warga tersebut menyelamatkan diri dengan naik ke bukit dan hutan dari terjangan bencana banjir bandang beberapa waktu lalu dengan hanya membawa perbekalan seadanya.

Selama berada di hutan mereka memilih bertahan dan takut untuk pulang ke kampungnya karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan ditambah sebagian rumah warga rusak diterjang bencana tersebut.

Baca juga: Jembatan darurat kebutuhan mendesak di Kabupaten Lebak pascabanjir

Personel PMI bersama Tim SAR gabungan Pos Lebak Gedong yang melakukan penyisiran berhasil menemukan warga dalam kondisi mengkhawatirkan seperti lemas dan ada beberapa diantaranya yang sakit karena selama mereka terisolasi tidak membawa bekal yang mencukupi.

"Para korban terdampak banjir langsung kami evakuasi ke Puskesmas Lebak Gedong dan sebagian di bawa ke Markas Batalyon Mandala Yudha Kostrad Ciuyah, Lebak karena, GOR Futsal Lebak Gedong sudah sangat penuh dengan pengungsi," tambahnya.

Awang mengatakan warga dievakuasi dengan kendaraan roda empat dan ambulans sebab ada sebagian dari mereka yang sakit. Korban banjir ini pun langsung diberikan asupan makanan untuk menambah energi karena selama mengungsi perbekalannya terbatas.

Baca juga: Presiden Jokowi minta tambang emas ilegal di Banten dihentikan
Baca juga: Presiden perintahkan penghentian tambang emas ilegal di Lebak

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar