Jakarta (ANTARA) - Petenis Australia Nick Kyrgios menaklukkan petenis peringkat enam dunia Stefanos Tsitsipas dengan skor 7-6(7), 6-7(3), 7-6(5) untuk mengamankan langkah tuan rumah ke fase gugur ATP Cup, pada pertandingan yang dimainkan di Pat Rafter Arena, Brisbane, Selasa.

Kyrgios melepaskan pukulan backhand penentu kemenangan pada situasi matchpoint, dan menjatuhkan diri untuk merayakan kemenangan keduanya dari dua pertandingan melawan juara ATP Finals, ketika publik tuan rumah bersorak-sorai menyambut kemenangannya.

Kemenangannya memastikan Australia melaju ke fase gugur setelah memenangi semua pertandingan mereka di ATP Cup.

"Melelahkan! Terdapat banyak kegembiraan. (Saya) tahu itu akan menjadi pertandingan yang berat," kata Kyrgios di tepi lapangan seperti dikutip Reuters.

"Ia adalah petenis luar biasa dan ia begitu muda. Ia akan melakukan hal-hal istimewa di olahraga ini," tambahnya.

Kyrgios absen pada pertandingan melawan Kanada karena cedera pada punggnya, dan pada Selasa menggantikan posisi petenis peringkat satu Australia Alex de Minaur, yang mengalami masalah pada otot perutnya.

Petenis Australia itu kerap mengalami masalah kesulitan mengontrol perilakunya, namun kali ini justru Tsitsipas yang mendapat pengurangan poin karena dengan sengaja memukul bola ke arah Zona Tim Yunani.

Tsitsipas juga membanting raketnya saat merasa frustrasi setelah kalah pada set pembukaan. Tindakan itu membuat ia ditegur oleh ibunya yang berada di Zona Tim.

Sebaliknya Kyrgios tetap tenang dan menjaga fokusnya.

"Saya sedang dalam masa percobaan, maka saya harus tetap tenang. Saya berusaha, saya berusaha (menjadi orang yang lebih baik," tuturnya.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, petenis Kanada Denis Shapovalov meraih kemenangan keduanya atas petenis peringkat 10 besar dunia, berkat kemenangan 6-2, 6-2 atas Alexander Zverev asal Jerman.

Shapovalov hanya memerlukan waktu 70 menit untuk menundukkan petenis peringkat tujuh dunia Zverev, yang kalah untuk ketiga kalinya secara berturut-turut di pertandingan tunggal sebelum berlangsungnya Australian Open di Melbourne pada 20 Januari.

Zverev, juara ATP Finals, melakukan tujuh double fault saat serve ketika melawan Shapovalov. Total ia telah melakukan 31 double fault sepanjang turnamen itu.

"Ada banyak hal yang masih perlu saya tingkatkan, namun ini baru awal musim. Saya perlu menemukan ritme saya," kata Zverev.

Shapovalov, yang menaklukkan Tsitsipas pada pertandingan pertamanya, kemudian memainkan kategori ganda dengan Felix Auger-Aliassime. Mereka memenangi pertandingan ganda "rubber" atas Kevin Krawitez dan Andreas Mies dengan skor 6-3, 7-6 (4).

Kemenangan tersebut membuat Kanada menang 2-1 untuk menjaga peluang mereka lolos ke perempat final.

Keenam juara grup dan dua tim peringkat kedua terbaik akan melaju ke delapan besar di Sydney. Selain tuan rumah, Serbia, Britania, dan Rusia juga telah memastikan kelolosan mereka.

Petenis Rusia Daniil Medvedev memenangi pertandingan tunggal rubber ketiganya di Perth, dengan kemenangan 6-3, 7-6(6) atas Casper Ruud asal Norwegia.

Baca juga: Australia berpotensi lolos ke perempat final usai kalahkan Kanada

Baca juga: Kyrgios sumbang 200 dolar per ace untuk atasi kebakaran lahan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2020