Umroh perdana lewat Kertajati ini juga sebagai dukungan perusahaan terhadap program Pemerintah Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia membuka penerbangan perdana umroh dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, setelah dua tahun sebelumnya penerbangan umroh dari bandara tersebut sempat terhenti.

Penerbangan umroh kali ini digelar oleh pihak maskapai Citilink yang menggandeng BNI Syariah bekerja sama dengan BIJB Kertajati, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Angkasa Pura II dan Kanomas Tour & Travel.

Baca juga: Kemenhub sambut baik Bandara Kertajati jadi Bandara Haji 2020

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu mengatakan penerbangan umroh dengan rute Kertajati-Jeddah ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Kementerian Perhubungan.

“Umroh perdana lewat Kertajati ini juga sebagai dukungan perusahaan terhadap program Pemerintah Indonesia yang sudah menetapkan Kertajati sebagai Bandara Embarkasi Haji tahun 2020 untuk jamaah asal Provinsi Jawa Barat," katanya.

Dalam penerbangan perdana tersebut Citilink menerbangkan sekitar 108 jamaah umroh dengan jadwal tinggal landas pada pukul 09.30 WIB.

Selain melakukan penerbangan perdana umroh, acara tersebut juga dirangkaikan dengan peluncuran program Umroh Berkah Hasanah.

Dalam hal ini BNI Syariah sebagai penyedia jasa keuangan syariah melalui program dan fasilitas pembayaran diantaranya tabungan dan pembiayaan.

Pemimpin Divisi Haji dan Umrah BNI Syariah Endang Rosawati mengatakan peluncuran program Umroh Berkah Hasanah di Bandara Kertajati bertujuan membantu sebanyak mungkin masyarakat untuk mewujudkan impiannya ke tanah suci.

“Dengan fasilitas mudah, layanan terbaik dan harga terjangkau. Program ini juga sejalan dengan semangat BNI Syariah, yaitu: Embracing New Opportunities dalam hal Halal Tourism. Bisnis Haji-Umroh merupakan potensi besar untuk pasar Indonesia, sehingga BNI Syariah dengan ini memaksimalkan potensi Halal Tourism dengan program-program seperti ini.” kata Endang.

Direktur Utama BIJB Salahudin Rafi mengatakan penerbangan umroh perdana oleh Citilink ini membuka kembali rute umroh yang sebelumnya sempat terhenti. Kepercayaan Citilink menurutnya menunjukan kesiapan bandara tersebut melayani penerbangan internasional.

“Kami siap melayani penerbangan haji 2020, kami juga sudah siap dengan penerbangan umroh, inagurasi penerbangan umroh perdana Citilink ini bukti kesiapan kita menggelar penerbangan internasional. Haji, umroh, dan penerbangan internasional kita sudah siap,” kata Salahudin Rafi.

Baca juga: PT BIJB siap tindaklanjuti keputusan Kemenag terkait embarkasih haji
Baca juga: Kemenag tetapkan Bandara Kertajati jadi embarkasi/debarkasi haji


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020