Kupang (ANTARA) - PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Rabu mengerahkan tiga kapal motor penyeberangan ke Rote Ndao, untuk mengangkut para penumpang arus balik yang tertahan di wilayah itu karena adanya pembatalan pelayaran.

Tiga kapal yang diberangkatkan ke Rote dari pelabuhan penyeberangan Bolok Kupang ke pelabuhan penyeberangan Papela di Rote Ndao itu antara lain KMP Lakaan dan Cakalang II, kata Manager Usaha PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Hermin Welkis, di Kupang, Rabu.

Baca juga: ASDP Kupang hentikan penyeberangan akibat cuaca

Dia mengemukakan hal itu, menjawab pertanyaan seputar rencana pengoperasian kembali kapal-kapal motor penyeberangan ke daerah-daerah di NTT, dan kemungkinan adanya pelayaran ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik Natal dan Tahun Baru.

"Hari ini, kami mulai buka kembali pelayaran. Ada tiga kapal yang diberangkatkan dari pelabuhan penyeberangan Bolok menuju Rote Ndao karena ada penumpukan penumpang dan kendaraan di Rote," katanya.

ASDP sejak Minggu, (5/1), menghentikan pelayaran ke semua lintasan penyeberangan akibat cuaca di wilayah perairan laut tidak bersahabat.

Dalam beberapa hari terakhir ini, wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda gelombang tinggi hingga 6.0 meter.

Kondisi ini disebabkan karena terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia barat Australia, sehingga menimbulkan peningkatan kecepatan angin hingga mencapai 56 km/jam.

Dia berharap, dengan adanya penambahan dua kapal ke Rote Ndao, bisa mengangkut seluruh penumpang dan kendaraan yang masih tertahan di wilayah itu.

Mengenai lintasan penyeberangan lain, dia mengatakan, masih mengikuti perkembangan cuaca di wilayah perairan laut. 

Baca juga: ASDP Kupang tutup enam rute pelayaran akibat cuaca buruk
Baca juga: ASDP Kupang pindahkan pelayanan ke Tenau jika cuaca di Bolok buruk
Baca juga: ASDP Kupang siapkan pelayaran ekstra untuk layani arus balik

 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020