Jakarta (ANTARA) - Saat Carrie Fisher meninggal dunia pada Desember 2016, orang-orang di balik film "Star Wars" menegaskan tak akan ada orang yang akan menggantikan sang aktris, mereka juga takkan menggunakan avatar digital di "The Rise of Skywalker".

Sutradara J.J. Abrams memakai delapan menit materi tambahan dari film "The Force Awakens" (2015) juga kelanjutannya, "The Last Jedi" (2017) untuk menciptakan adegan-adegan sang Jenderal Leia Organa. Meski demikian, ada satu adegan penting dalam film di mana Leia diperankan oleh aktris lain.

Dilansir Yahoo Entertainment, di pertengahan film ada adegan kilas balik era "Return of the Jedi" di mana Luke Skywalker (Mark Hamill) berlatih dengan kakaknya untuk menjadi seorang Jedi.

ILM Visual Effect Supervisor Patrick Tubach mengatakan Hamill berperan sebagai Luke "muda" di adegan itu, di mana wajahnya disulap jadi lebih muda berkat teknologi. Namun mereka juga butuh aktris untuk memerankan tokoh Leia di adegan tersebut, orang yang wajahnya akan diganti dengan versi Fisher yang lebih muda.

Saat tiba waktunya untuk mengambil adegan tersebut, Abrams memutuskan untuk meminta putri Carrie Fisher, Billie Lourd yang juga berperan jadi letnan Kaydel Ko Connix, untuk menggantikan posisi ibunya.

"Billie berperan sebagai ibunya," ungkap Tubach, mengonfirmasi rumor yang sudah beredar. "

"Itu adalah hal memilukan, dan tak ada yang menganggapnya sepele --bahwa dia bersedia menggantikan ibunya."

Penampilan Billie Lourd sebagai Leia hanya berdurasi beberapa detik, tapi Tubach dan tim efek visual mengerti betul drama dari momen itu.

Dia dan tim merasa senang karena Billie yang berada di posisi tersebut. Ada berbagai kemiripan di antara ibu dan anak itu yang bisa ditangkap oleh tim efek visual.

Tantangannya, kata dia, justru membuat adegan Leia yang sudah ada bisa cocok dengan adegan baru tersebut.

Terbatasnya adegan Carrie Fisher yang tersisa membuat adegan kilas balik tak bisa terlalu panjang. Pengawas efek visual Roger Guyett membantah spekulasi adanya versi lebih panjang adegan Leia berlatih Jedi.

"Idenya adalah menciptakan kejutan saat mereka membuka penutup kepala, dan kau melihat wajah Luke dan Leia saat muda."


Baca juga: Princess Leia pegang peran kunci di penutup saga Skywalker

Baca juga: Mendiang Carrie Fisher dan Billy Dee Williams akan "tampil" di Star Wars: Episode IX dan bocoran para pemain

Baca juga: Carrie Fisher mendapat Grammy, Billie Lourd bangga

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020