Viu kembangkan talenta kreatif di 20 kota Indonesia

Viu kembangkan talenta kreatif di 20 kota Indonesia

Sejumlah pelajar SMA dan SMK mengikuti pelatihan pembuatan film pendek yang diselenggaran tim Viu di Pondok Pesantren Entrepreneur di Meteseh, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. (ANTARA/Heru Suyitno)

Magelang (ANTARA) - Layanan hiburan streaming, Viu mengembangkan talenta kreatif anak muda di 20 kota di Indonesia termasuk Magelang, kata Sales Supervisor Marketing Viu, Myra Suraryo.

"Viu fokus pada pengembangan minat dan bakat dari talenta muda usia SMA dalam membuat karya film pendek berdasarkan atas kecintaan mereka pada mitos lokal," katanya di Magelang, Rabu.

Ia menuturkan Viu Shorts! akan digelar di 20 kota di seluruh Indonesia selama 7 bulan, dimulai pada Agustus 2019 dan terus berlanjut hingga Maret 2020. Dalam pekan ini dilaksanakan di 3 kota, yakni Magelang, Kulonprogo, dan Mataram.

Baca juga: Empat konten dan kreator Viu Indonesia menang di AAA 2019

Ia mengatakan program di Magelang dilaksanakan di Pondok Pesantren Entrepreneur di Meteseh, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang yang diikuti puluhan pelajar SMA dan SMK. Mereka mendapat pelatihan pembuatan film pendek dan nantinya diharapkan menghasilkan karya film pendek.

Myra menyampaikan Viu shorts pada periode pertama tahun 2018, merupakan inisiatif sukses yang menghasilkan pembuatan 17 film pendek lokal yang didistribusikan secara global melalui platform Viu, dan menjadi viral di media sosial.

Film pendek hasil dari Viu Shorts! periode pertama juga ditayangkan secara internasional di ajang Marché du Film, Cannes Film Festival 2019.

Pada penghujung rangkaian inisiatif Viu Shorts! periode pertama, katanya Viu memberikan beasiswa kepada peserta berbakat dari Cilegon, Banten untuk melanjutkan pendidikan sinematografi selama 4 tahun di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan berkesempatan untuk bekerja paruh waktu bersama tim Viu Original.

Ia menyebutkan dari program Viu Shorts! periode pertama, mengarah pada penemuan 17 sutradara muda berbakat, lebih dari 500 talenta muda kreatif bidang film dan satu sarjana film dari 17 kota di seluruh Indonesia.

"Inisiatif Viu Shorts! di Indonesia sangat penting dan merupakan komitmen kami untuk membangun ekosistem talenta kreatif Indonesia. Pada Viu Shorts! periode kedua, kami meningkatkan tingkat partisipasi, baik dalam hal jumlah kota dan peluang yang diberikan. Kami berharap dapat menyebarkan lebih banyak lagi kisah lokal Indonesia ke pemirsa global melalui Viu Shorts! periode kedua," katanya. 

Baca juga: Bekraf gandeng Viu kembangkan ekosistem film Indonesia
Baca juga: Viu dan Warner Bros produksi ulang "Pretty Little Liars" di Bali

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Film pendek kearifan lokal promosikan Mataram ramah investasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar