PMI kerahkan helikopter salurkan bantuan untuk korban banjir Bogor

PMI kerahkan helikopter salurkan bantuan untuk korban banjir Bogor

Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan helikopter jenis Bolcow BO-105 untuk mendistribusikan bantuan bagi koran bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jabar. (Antara/HO/PMI Pusat)

Bogor, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan helikopter jenis Bolcow BO-105 guna menyalurkan atau mendistribusikan bantuan untuk ratusan pengungsi korban bencana banjir di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami mengoperasikan helikopter ini karena akses jalan menuju lokasi bencana dan tempat pengungsian di Kampung Cileuksahilir, RW 02 dan 013, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya terputus dan sulit ditembus melalui jalur darat," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen (Purn) Sumarsono di Bogor, Rabu.

Baca juga: Akses desa terisolasi di Sukajaya Bogor mulai terbuka

Informasinya, di kampung ini jumlah penduduk mencapai seribu jiwa dan akibat dari bencana banjir disertai tanah longsor sekitar 100 orang mengungsi karena rumah mereka hanyut terbawa arus banjir dan sebagian tertimbun longsor.
.
Daerah ini menjadi fokus pengiriman bantuan dari lembaga kemanusiaan ini karena sudah empat hari kesulitan mendapatkan makanan sehingga, PMI mendistribusikan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan korban.

Bukan berarti distribusi bahan makanan dengan menggunakan jalur udara ini tanpa hambatan kondisi cuaca yang tidak menentu ditambah awan tebal dan hujan deras disertai angin kencang sehingga, pengiriman logistik ini baru bisa dilakukan pada sore Rabu, (8/1)

Baca juga: Banyak korban longsor Sukajaya mengeluh gatal di Posko Kesehatan PLN

Selain Kampung Cileuksa Hilir, helikopter PMI juga mendropping bantuan ke Kampung Ciear dan Cijairin, Desa cileuksa yang berada di kaki Gunung Halimun yang merupakan wilayah terisolir akibat tanah longsor.

Di dua kampung ini terdapat 700 warga yang masih bertahan di rumah masing-masing karena akses jalannya terputus. Warga sangat membutuhkan makanan dan minuman, bubur serta susu untuk bayi.

"Bantuan yang kami (PMI) berikan tidak hanya pada masa tanggap darurat saja rencananya pada masa pemulihan PMI akan tetap memberikan layanan khususnya kepada para korban bencana di Kabupaten Bogor ini," tambahnya.

Sumarsono mengatakan relawan PMI yang dikerahkan untuk membantu warga di lokasi bencana akan melakukan berbagai layanan seperti pelayanan kesehatan dan lainnya. Pihaknya juga mengapresiasi warga yang ikut bergotong royong membantu korban bencana. 

Baca juga: TNI bangun tenda bambu di desa terisolasi di Sukajaya Bogor
Baca juga: Tersisa tiga desa terisolasi di Sukajaya Bogor
Baca juga: Korban banjir bandang di Sukajaya-Bogor dikunjungi Presiden

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PMI Kota Tangerang latih siswa sekolah dasar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar