Kemarin, Anies akan siapkan toa hingga pompa antisipasi banjir

Kemarin, Anies akan siapkan toa hingga pompa antisipasi banjir

ilustrasi pengeras suara (toa) untuk banjir (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Selama Rabu (9/1) berbagai peristiwa terjadi di Ibu Kota Jakarta. Penanganan pascabanjir masih menjadi fokus utama pembahasan berbagai kalangan.

Ragam peristiwa itu mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siapkan pengeras suara untuk antisipasi peringatan banjir, lalu menyiapkan pompa untuk antisipasi banjir rob, serta anak Ayu Azhari ditangkap polisi karena jual beli senjata api.

Berikut rangkuman berita menarik di desk Metropolitan ANTARA, yang layak disimak pada pagi ini, klik judul untuk berita selengkapnya:

1. Anies akan gunakan toa untuk sampaikan peringatan dini banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggunakan pengeras suara sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan informasi pada sistem peringatan dini banjir.

"Ya kami sejak kemarin review SOP yang selama ini ada, termasuk menerapkan sistem berkeliling menggunakan pengeras suara sebagai peringatan dini banjir," kata Anies di Balai Kota Jakarta.

2. Proyek Sodetan Ciliwung masuk tahap penaksiran nilai properti

Proyek sodetan Sungai Ciliwung telah masuk pada tahap penaksiran nilai properti atau "appraisal".

"Jadi tentang sodetan Ciliwung itu pada pertengahan Desember kemarin pembicaraan dengan warga sudah selesai. Dan sekarang kami mulai pada fase 'appraisal' dan baru kemudian transaksi untuk tanah," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Anies menilai transaksi pembayaran ganti lahan atau bangunan dapat selesai hingga akhir Januari 2020.

3. DKI siagakan pompa portabel untuk antisipasi rob

DKI Jakarta menyiagakan pompa-pompa portabel untuk memompa air laut yang kemungkinan masuk ke darat (rob) agar kembali ke laut.

Kesiapan untuk menindaklanjuti prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadinya rob pada 9-12 Januari 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu, mengatakan rob sejauh ini terimbas karena sifat air sehingga Pemprov DKI Jakarta berniat untuk mengelola airnya.

"Jadi itulah disiapkan pompa-pompa supaya mereka yang di sekitar pesisir pantai dan sejak tadi pagi akses pembangunan dengan Dinas SDA sudah secara khusus menentukan titik-titik mana kita harus waspada," ucap Anies di Balai Kota.

4. Pascabanjir, terdeteksi 36 titik terparah sampah di Jakarta Barat

Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat memetakan sebanyak 36 titik terparah penumpukan sampah pascabanjir 1 Januari 2020.

Kasudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, pihaknya menerjunkan 81 armada pengangkutan sampah pada titik-titik terparah dan paling banyak ditemukan di Cengkareng.

5. Putra Ayu Azhari ditangkap terkait jual beli senjata api

Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Axel Djody Gondokusumo, putra kedua artis senior Ayu Azhari terkait kasus jual-beli senjata api kepada AM, pengemudi mobil mewah yang berlagak koboi di Kemang, beberapa hari lalu.

Axel alias ADG ditangkap bersama dua tersangka lainnya, yakni Muhammad Setiawan Arifin (MSA) dan Yunarko (Y) yang juga menjual senjata dengan berbagai jenis seperti MR 16, AR 15 serta pistol Glock.

"Inisial ADG, tidak tau anak sulung atau anak ke berapa," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Polisi Bastoni Purnama dalam ekspos perkara di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar