Baru lintasan penyeberangan Kupang-Rote PP yang sudah dibuka sejak Rabu, (8/1).
Kupang (ANTARA) - Manager Usaha PT ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang Hermin Welkis mengatakan semua lintasan penyeberangan jarak jauk di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih ditutup karena alasan gelombang laut, kecuali lintasan Kupang-Rote.

"Baru lintasan penyeberangan Kupang-Rote PP yang sudah dibuka sejak Rabu, (8/1). Lintasan lain masih ditutup sementara karena cuaca di perairan laut belum aman untuk dilayari," kata Hermin Welkis di Kupang, Kamis.

ASDP sejak Minggu, (5/1), menghentikan pelayaran ke semua lintasan penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan itu karena cuaca di wilayah perairan laut tidak bersahabat.

Dalam beberapa hari terakhir ini, wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda gelombang tinggi.

Baca juga: Gelombang tinggi, semua lintasan penyeberangan ditutup

Menurut Hermin Welkis, lintasan Kupang-Rote merupakan lintasan pendek yang ditempuh 3-4 jam pelayaran.

Baca juga: Semua jalur penyeberangan di NTT ditutup

Dia menambahkan, untuk pelayanan ke Rote, ASDP tetap mengoperasikan dua kapal karena penumpang, kendaraan maupun barang pada lintasan penyeberangan itu cukup banyak.

Baca juga: Gelombang Tinggi Hentikan Semua Lintas Penyeberangan di NTT

Dia menambahkan, selama ini ASDP melayani 20 lintasan penyeberangan di NTT, terdiri dari 13 lintasan penyeberangan perintis dan tujuh lintasan komersial.

Lintasan penyeberangan komersial itu adalah Kupang-Larantuka, Kupang-Lewoleba, Kupang-Rote, Kupang-Kalabahi, Kupang-Hansisi, Kupang-Sabu dan Kupang-Aimere PP, katanya. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020