Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade 2020 meluncurkan rangkaian poster resmi untuk pesta olahraga itu, termasuk di dalamnya poster karya pelukis, seniman kaligrafi, fotografer, hingga pembuat komik Jepang (manga-ka) dari Jepang dan luar negeri.

Rangkaian itu terdiri dari 20 poster -- 12 untuk tema Olimpiade dan 8 untuk Paralimpiade, dan akan dipromosikan di sekitar Tokyo, Jepang.

Museum Seni Kontemporer Tokyo akan menyelenggarakan pameran karya seni poster asli mulai 7 Januari hingga 16 Februari.

Naoki Urasawa, manga-ka pemenang penghargaan di balik komik seri "MONSTER" dan petualangan sci-fi "20th Century Boys," telah membuat poster dengan gaya panel komik Jepang.

Baca juga: Mobil terbang Toyota diharapkan mengudara pada Olimpiade 2020

Baca juga: Tokyo uji salju buatan dinginkan penonton Olimpiade musim panas 2020


Manga-ka lainnya yang terlibat adalah Hirohiko Araki -- sosok di balik salah satu serial komik tersukses di Jepang, "JoJo's Bizarre Adventure".

Sementara seniman kaligrafi dan disabilitas Shoko Kanazawa menyumbangkan desain menampilkan huruf kanji "kakeru", yang berarti "terbang tinggi."

Kontributor lain termasuk fotografer Jepang Takashi Homma, artis kontemporer Tomoko Konoike dan pelukis asal Inggris pemenang Turner Prize, Chris Ofili.

"Poster-poster Olimpiade secara visual menelusuri sejarah dan identitas setiap edisi Olimpiade dengan menyaksikan konteks artistik, sosial dan politik pada zaman mereka," kata panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo dan Paralympic Games, dikutip Kyodo.

"Hari ini, mereka menyampaikan nilai-nilai dan cita-cita Olimpiade, dan memelihara dialog dengan komunitas artistik internasional dan bakat kreatif dari negara tuan rumah."

Baca juga: Pemerintah Jepang uji coba mobil swakemudi sebelum Olimpiade 2020

Baca juga: Mobil-mobil khusus Toyota untuk Olimpiade Tokyo 2020


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020