Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kekompakan dengan jajaran TNI yang ada di provinsi ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif.

"Kita tunjukkan bahwa kekompakan TNI/Polri dan semua unsur yang ada di provinsi ini untuk selalu bersatu menghadapi setiap ancaman dan gangguan kamtibmas," kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan ketika menghadiri upacara serah terima jabatan dan acara pisah sambut Danyonif Raider 200/BN dari Letkol Inf Erwan Susanto kepada Mayor Inf Andi Irawan, di Palembang, Kamis.

Baca juga: Operasi khusus antisipasi bencana alam disiapkan Polda Sumsel

Menurut dia, kebersamaan antara Polri, TNI, jajaran pemerintah daerah, dan berbagai elemen masyarakat lainnya yang terjalin dengan baik selama ini tidak akan pernah terpecah belah dalam semangat NKRI harga mati, Sumsel unggul dan berprestasi.

Jajaran Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya bersama semua elemen masyarakat berupaya terus bersama-sama menjaga kamtibmas yang telah terpelihara dengan baik selama ini.

Baca juga: BPBD-Polda Sumsel perkuat sinergi antisipasi banjir

Kondisi kamtibmas tersebut, kata dia, jangan sampai terganggu karena pengaruh situasi politik, permasalahan sosial dan hukum.

"Semua pihak dan elemen masyarakat berperan besar dalam mencegah terjadinya hal-hal berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, serta menjaga kerukunan beragama, suku, ras, adat, dan budaya," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumsel kembali agendakan pemanggilan wakil bupati OKU

Dengan kebersamaan itu diharapkan setiap adanya ancaman gangguan kamtibmas dapat terdeteksi sejak dini serta bisa dilakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat.

Kondisi kamtibmas yang kondusif saat ini, kata dia, jangan sampai terganggu karena pengaruh situasi politik atau hal-hal yang sengaja dilakukan pihak tertentu untuk menimbulkan keresahan masyarakat.

Baca juga: Polda Sumatera Selatan telah pecat lima anggota dengan tidak hormat

"Jika kondisi kamtibmas terganggu, masyarakat tidak bisa melakukan kegiatan rutin dengan aman dan nyaman serta kegiatan pembangunan terhambat," ujar wakapolda.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto ketika menerima audiensi tim Budha Suci Sumsel mengatakan, dengan pertemuan atau audiensi hari ini diharapkan dapat menjalin silahturahmi dan hubungan baik terutama dalam kegiatan sosial dan menghadapi berbagai gangguan kamtibmas.

"Sumbangsih yang tulus dan ikhlas untuk membantu sesama diharapkan pula bisa mewujudkan terciptanya Sumsel yang aman, damai, dan sejahtera," kata mantan kapolda Kalimantan Timur itu.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020