BI gandeng Himbara jadikan Mall Jayapura percontohan penggunaan QRIS

BI gandeng Himbara jadikan Mall Jayapura percontohan penggunaan QRIS

Kepala BI Papua Naek Tigor Sinaga bersama himpunan bank negara (Himbara) melakukan monitoring penggunaan QRIS di Mall Jayapura, Kamis (9/1/2020). (ANTARA/Evarukdijati)

Memang tidak mudah terutama bagi kaum atau generasi non milenial, namun secara bertahap pasti masyarakat dapat menggunakan sehingga beralih ke transaksi elektronik
Jayapura (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Papua mengandeng himpunan bank negara (Himbara) menjadikan Mall Jayapura sebagai tempat percontohan penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

“Mari kita jadikan Mall Jayapura sebagai percontohan penggunaan QRIS melalui merchant yang ada sehingga transaksi yang dilakukan secara elektronik,” kata Kepala Perwakilan BI Papua Naek Tigor Sinaga seusai melakukan monitoring QRIS di Jayapura, Kamis.

Dikatakan, dari empat bank milik negara yakni Mandiri, BTN, BRI,dan BNI tercatat 37 merchant sudah dapat menggunakan QRIS. Ke depan diharapkan semua merchant di Mall Jayapura menggunakan QRIS sehingga mempermudah masyarakat dalam bertransaksi karena bisa menggunakan satu QR Code.

Penggunaan QRIS sendiri merupakan standar QR code pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk digunakan dalam memfasilitasi pembayaran di Indonesia.

Adapun perbedaannya dengan QR Code lainnya adalah seluruh transaksi pembayaran dapat difasilitasi hanya dengan saru QR Code pembayaran yang sama yakni QRIS, kata Sinaga seraya menambahkan jika sebelumnya masing-masing penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) seperti LinkAja, GOPAY dan OVO memiliki QR Code sendiri namun saat ini dapat dilayani dengan satu QR Code yakni QRIS.

“Mudah-mudahan nantinya semua merchant yang ada di Mall Jayapura menggunakan QRIS,” harap Naek Sinaga.

Kepala BI Papua yang didampingi para pejabat dari empat bank milik negara itu mengaku akan mengajak bank-bank untuk melirik pasar sehingga nantinya masyarakat lebih familiar dalam menggunakan QRIS.

“Memang tidak mudah terutama bagi kaum atau generasi non milenial, namun secara bertahap pasti masyarakat dapat menggunakan sehingga beralih ke transaksi elektronik,” kata Sinaga.

Baca juga: BI Bali jadikan kampus percontohan penggunaan QRIS

Baca juga: BI Kediri sosialisasikan pemanfaatkan QRIS untuk donasi sosial

Baca juga: BI terapkan transaksi QRIS serentak mulai 2020, pemda diminta bersiap


 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bangkitkan UMKM saat pandemi, BI Jember gelar peragaan busana batik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar