Sukajaya, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin resmi menunjuk Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno sebagai pemegang tongkat komando atau komandan insiden tim tanggap darurat bencana di daerah itu.

"Sesuai instruksi Bupati Bogor, untuk menugaskan anggotanya di masing-masing posko dan langsung di bawah komando Dandim," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin saat meninjau lokasi terdampak longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Kamis.

Baca juga: PMI kerahkan helikopter salurkan bantuan untuk korban banjir Bogor

Menurutnya, salah satu peralihan komando dari yang sebelumnya dipegang oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Yani Hassan, agar penanganan dampak bencana bisa lebih cepat teratasi.

Baca juga: Tiga korban longsor di Sukajaya Bogor belum ditemukan

"Saya tidak ingin menyalahkan mereka karena ini bencana. Sekarang intinya dengan satu komando, harapannya lebih cepat terkoordinasi dalam penanganannya," kata pria yang akrab disapa Burhan itu.

Baca juga: Korban banjir bandang di Sukajaya-Bogor dikunjungi Presiden

Sementara itu, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengatakan, meski surat keputusan (SK) dirinya sebagai komandan insiden baru keluar, dan menggelar apel siaga darurat bencana Kamis pagi, tapi penanganan secara sporadis sudah dilakukan sejak hari terjadinya bencana, Rabu (1/1).

"Di lapangan walau belum ada penunjukkan, kami TNI dan Polri dari hari pertama sudah bergerak," ujarnya.

Ia mengaku akan fokus mengkoordinasikan para unsur yang terlibat, termasuk BPBD Kabupaten Bogor. Pasalnya, hingga hari ini, masih ada tiga desa di Kecamatan Sukajaya yang belum bisa diakses oleh kendaraan. Tiga desa itu adalah Desa Cileuksa, Cisarua, dan Desa Kiarasari.

Seperti diketahui, pada hari Rabu (1/1) pukul 06.00 WIB terjadi hujan deras yang membuat Sungai Cidurian di Kabupaten Bogor meluap dan mengakibatkan beberapa wilayah sekitarnya mengalami banjir dan longsor.

Beberapa kecamatan di wilayah Barat Kabupaten Bogor yang terdampak bencana tersebut yaitu, Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Nanggung, dan Kecamatan Jasinga.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020