sekaligus personel kami di Asmat menyebarkan informasi kepada para nelayan yang melintas agar segera melaporkan ke Pos SAR Asmat jika menemukan para korban
Timika (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan Pos SAR Asmat, Papua hingga saat ini masih mencari dua penumpang perahu fiber bermesin ganda yang tenggelam di Muara Bokap, Distrik Betcbamu, Kabupaten Asmat, Kamis siang.

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury di Timika, Kamis, mengatakan perahu bermesin ganda 15 dan 40 PK itu, tenggelam dalam perjalanan dari Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat menuju Distrik Pantai Kasuari.

"Informasi yang kami terima dari teman-teman di Pos SAR Asmat, perahu nahas itu mengangkut penumpang sebanyak tiga orang. Satu penumpang selamat atas nama Amsar (32), dua penumpang lainnya hingga kini belum ditemukan. Dua penumpang yang belum ditemukan itu atas nama Selamet (50), berjenis kelamin laki-laki, pekerjaan guru dan Mano (43) berjenis kelamin perempuan," kata dia.

Kejadian itu dilaporkan ke Pos SAR Asmat pada pukul 11.30 WIT oleh seorang warga bernama Bustari.

Baca juga: Tiga korban perahu karam di Waykanan ditemukan meninggal dunia

Setelah menerima laporan, Tim SAR gabungan terdiri atas personel Pos SAR Asmat, Polsek Agats, dan Polair Agats bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian menggunakan perahu karet.

Pihak keluarga korban juga ikut melakukan pencarian dengan menumpang perahu cepat bermesin 40 PK. Pencarian dilakukan hingga pukul 17.00 WIT, namun belum membuahkan hasil.
 
Tim SAR gabungan Asmat menggunakan perahu karet berangkat menuju lokasi tenggelam perahu motor di Muara Bokap, Distrik Betcbamu, Kamis (9/1/2020). (ANTARA/HO/Humas SAR Timika)


"Pencarian akan dilanjutkan esok pagi mulai pukul 06.00 WIT dengan target tetap di lokasi tenggelamnya perahu motor tersebut. Penumpang yang selamat ikut dalam pencarian. Selain menggunakan perahu karet, kami juga akan mengerahkan perahu RIB 200 PK untuk mengaver area yang lebih luas sampai di pesisir karena kemungkinan korban hanyut," kata dia.

Ia berharap, upaya pencarian para korban bisa membuahkan hasil pada Jumat (10/1).

"Mudah-mudahan esok (10/1) bisa ditemukan dan kami berharap kondisi cuaca esok hari mendukung untuk melakukan pencarian agar bisa maksimal. Tadi saat pencarian sekaligus personel kami di Asmat menyebarkan informasi kepada para nelayan yang melintas agar segera melaporkan ke Pos SAR Asmat jika menemukan para korban," kata dia.

Dia mengatakan kondisi cuaca di lokasi tenggelam perahu motor tersebut pada Kamis siang hingga petang cukup cerah.

Baca juga: SAR Timika cari satu penumpang perahu tenggelam
Baca juga: Perahu wisata ditumpangi wisman asal Kolombia tenggelam di Kalteng
Baca juga: Perahu tenggelam di perairan Sorong dua meninggal

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020