Tiga varietas sudah diakui sebagai varietas unggul nasional yakni si Jagung, Si Hijau dan Si Dodol
Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kembali mendaftarkan 10 jenis durian di daerahnya ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian untuk diproses sebagai varietas unggul nasional.

Bupati Banjar Khalilurrahman di Martapura Kamis mengatakan, pendaftaran 10 jenis durian tersebut, menyusul telah diakuinya tiga jenis durian dari Kabupaten Banjar sebagai varietas unggul nasional.

Bupati berharap, dengan didaftarkannya berbagai jenis durian sebagai varietas nasional diharapkan durian yang berasal dari Kabupaten Banjar semakin dikenal luas.

"Kami sudah mendaftarkan 10 jenis buah Durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian untuk diproses sebagai varietas unggul nasional," kata Bupati.

Disebutkan, sepuluh varietas durian yang didaftarkan yakni Paman Birin, Dodol Mas Cinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Gantang 88, Si Kolam dan Si Penganten.

Menurut bupati, pihaknya juga setiap tahun menggelar kontes durian yang dilaksanakan di desa-desa penghasil buah durian seperti yang digelar, Rabu di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan.

Ia mengatakan, Kabupaten Banjar merupakan penghasil durian terbesar di Kalsel dan menjadi kebanggaan tersendiri karena beberapa varietas durian lokal sudah dilepas dan diakui sebagai varietas unggul nasional.

"Tiga varietas sudah diakui sebagai varietas unggul nasional yakni si Jagung, Si Hijau dan Si Dodol dan akan menyusul 10 varietas yang diusulkan mendapat status serupa dari instansi pusat itu," ucapnya.

Dikatakan, mengingat potensi besar itu, jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura serta masyarakat, khususnya petani di daerah sentra produksi buah-buahan, untuk terus mengembangkan komoditasnya.

Sementara itu, kontes durian itu dihadiri Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman yang mengapresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan festival buah berduri itu.

Pemenang Kontes Durian diraih Eldi Afani dari Desa Mandikapau Barat dengan nama durian Duri Hitam disusul Muhammad Fauzan dengan durian si Satria serta juara 3 Sarpani melalui durian bernama si Belek.

Baca juga: Duri Hitam juara kontes Durian Banjar 2020
Baca juga: Kalsel lestarikan maharawin dan mantuala

Pewarta: Ulul Maskuriah/Yose Rizal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020