Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Carlos Sainz memperlebar jarak di puncak klasemen dari para pesaing lainnya setelah memenangi etape V Reli Dakar yang menempuh rute Al-Ula menuju Ha'il, Kamis.

Sainz yang merupakan juara Dakar dua kali itu finis pertama hampir tiga menit di depan rival terdekatnya sekaligus juara bertahan kategori mobil Nasser Al-Attiyah untuk mempertahankan posisinya di puncak dengan jarak lima menit 59 detik dari sang pebalap Qatar, demikian laman resmi Dakar.

Sedangkan pebalap Prancis Stephane Peterhansel, juara Dakar 13 kali kategori roda dua dan mobil, mengikuti di peringkat tiga klasemen dengan jarak 17 menit 53 detik di belakang rekan satu timnya di tim Bahrain JCW X-Raid itu.

Baca juga: Hasil etape IV Dakar: Cornejo dan Peterhansel finis terdepan di Al-Ula

"Kami unggul tiga menit dan sangat menekan menjelang akhir. Saya sangat senang karena mobil ini bekerja dengan baik," kata Sainz soal mobil Mininya.

"Saya mendapati ban bocor di awal Special Stage, tapi saya mampu memperbaiki catatan waktu. Sebisa mungkin saya melakukan yang terbaik, tapi besok kami akan membuka jalan, mungkin itu akan sama sekali berbeda."

Al-Attiyah yang sedang ingin mencoba memangkas jarak justru mengalami bocor ban lima kilometer jelang finis namun dia memutuskan untuk tetap melaju tanpa mengganti ban untuk melintasi trek berpasir yang dipenuhi rumput dan bukannya gunung pasir.

"Etape yang bagus bagi kami, tapi rutenya saya kira lebih baik untuk mobil buggy daripada 4x4," kata Al-Attiyah.

"Mungkin kita akan menyaksikan gunung pasir yang sebenarnya besok."

Di kategori sepeda motor, juara bertahan asal Australia Toby Price memenangi etape sejauh 564km itu sedangkan rekan satu timnya di KTM Sam Sunderland gagal meneruskan lomba setelah mengalami kecelakaan.

Baca juga: Pereli putri Dakar ingin bantu berdayakan perempuan Arab Saudi

Pebalap berusia 30 tahun itu mengalami luka di bagian punggung dan bahu kiri setelah terjatuh di km 187, ungkap penyelenggara.

Sunderland setelah dua etape sempat memimpin reli yang digelar pertama kalinya di Arab Saudi itu setelah satu dekade digelar di Amerika Selatan.

Pebalap asal Britania yang tinggal di Dubai itu menjadi yang tercepat di etape IV, namun gelar juara etapenya terenggut setelah dirinya dijatuhi penalti tambahan waktu lima menit karena melebihi batas kecepatan ketika melintas di zona netral.

Price boleh jadi meraih kemenangan etape kedua kalinya musim ini namun Ricky Brabec asal Amerika Serikat, dengan motor Honda, masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan unggul lebih dari sembilan menit dari sang pebalap Australia itu.

"Saya tampil menekan sejak awal, menempuh jalan yang bagus dan kemudian saya bertemu dengan para pebalap Honda. Ricky dan mereka di depan, tapi ini etape yang baik," kata Price.

"Ini pertama kalinya saya membalap bersama satu grup besar, jadi cukup menyenangkan, tapi pada akhirnya mereka kompetitif jadi kami harus berada di depan mereka."

Di kategori quad bike, Romain Dutu meraih kemenangan etape pertamanya setelah duel ketat dengan Alexander Giroud yang terpaut hanya 47 detik sebagai runner-up.

Karena Dutu turun di format Dakar Experience, maka catatan waktunya tak dimasukkan ke dalam klasemen pebalap umum sehingga pebalap Chile Ignacio Casale, yang finis ketiga hari itu, masih memuncaki klasemen dengan jarak cukup lebar, 31 menit 37 detik, dari rekan senegaranya Giovanni Enrico.

Baca juga: Sunderland dijatuhi penalti, gelar etape IV pindah ke tangan Cornejo

Kemudian di kategori SSV, juara etape kemarin Mitchell Guthrie finis 25 menit di belakang juara hari ini Cyril Despres asal Prancis

Situasi semakin buruk bagi pemuncak klasemen pagi ini Jose Antonio Hinojo, yang finis 35 menit di belakang sang juara etape, dan harus kehilangan posisinya di puncak. Sergei Kariakin kini memimpin klasemen kategori mobil ringan itu dengan selisih 41 detik dari Aron Domzala.

Sementara itu Dmitry Sotnikov meraih gelar juara etape pertamanya tahun ini di kategori truk dengan finis di Ha'il tiga menit di depan rekan satu timnya, Anton Shibalov dan Andrey Karginov.

Siarhei Viazovich yang finis peringkat empat dengan jeda 16 menit dari juara etape harus turun ke peringkat tiga klasemen sementara digantikan oleh Karginov yang mengantongi keunggulan 14 menit 53 detik dari Shibalov.

Etape VI Dakar 2020 akan start dari Ha'il menuju Riyadh dengan jarak tempuh 830km dengan Special Stage sejauh 477km.

Baca juga: Juara etape IV, Casale teruskan dominasi kategori quad bike Dakar 2020

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020