kami langsung evakuasi masyarakat ke lokasi pengungsian
Sulut, Tahuna (ANTARA) - Tanah retak sepanjang 50 meter ditemukan di pemukiman penduduk pascabanjir bandang dan tanah longsor yang melanda Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, di Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara.

Babinsa TNI Sersan Satu (Sertu) Roy Sinadia, anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 1301-04/Manganitu mengatakan masyarakat telah melaporkan terjadinya keretakan tanah di atas pemukiman warga Lindongan 1 Kampung Lebo sehingga langsung dilakukan pengecekan ke lokasi.

"Setelah kami cek, memang benar ada tanah yang mengalami retak sepanjang kurang lebih 50 meter sehingga membahayakan masyarakat setempat," katanya di Lebo, Jumat.

Baca juga: Pemerintah siapkan dana perumahan bagi korban bencana di Sangihe
Baca juga: Bupati Sangihe minta pengungsi bencana alam ditangani maksimal


Kampung Lebo merupakan satu wilayah yang mengalami kerusakan cukup parah sehingga mengakibatkan tiga korban meninggal dan puluhan rumah rusak pada banjir bandang yang terjadi Jumat (3/1) lalu, dan curah hujan di wilayah tersebut masih cukup tinggi dalam sepekan terakhir ini.

Tanah retak itu dikuatirkan membahayakan sehingga Pelaksana Harian (Plh) Komandan Rayon Militer (Danramil) 1301-04/Manganitu, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Hendrik Makahanap, langsung mengevakuasi warga yang bermukim di sekitar daerah retakan tanah ke tempat pengungsian.

"Kami langsung evakuasi masyarakat ke lokasi pengungsian di gedung GMIST Bethani Kampung Lebo," katanya.

Baca juga: BPBD Sangihe catat 76 rumah rusak akibat banjir dan longsor
Baca juga: Polda Sulut Dirikan Posko Kesehatan di Sangihe


Dia mengatakan, ada lima rumah warga yang terancam longsor jika retakan tanah ini terus melebar.

Dia berharap semua masyarakat di kampung Lebo tetap waspada terhadap ancaman bencana sebab hujan masih terus mengguyur Kepulauan Sangihe.

"Kami minta semua masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana untuk terus meningkatkan kewaspadaan sebab hujan masih terjadi di Kepulauan Sangihe," kata dia.

Baca juga: Banjir bandang landa Sangihe, Pelindo IV beri bantuan kepada korban
Baca juga: BMKG: Banjir bandang Sangihe akibat angin belok


Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020