Jakarta (ANTARA) - Asus mengumumkan ROG Zephyrus G14, laptop gaming ultraslim 14 inci terbaru yang menawarkan prosesor kencang, bodi ringkas dan mudah dibawa bepergian dalam gelaran teknologi CES 2020.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat, Asus menyebutkan ROG Zephyrus G14 memiliki ketebalan tidak lebih dari 20mm, dan dibekali dengan sistem pendingin khusus agar AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang tertanam di dalamnya dapat bekerja secara optimal.

Sementara itu, AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors merupakan prosesor generasi terbaru yang dibuat menggunakan metode fabrikasi 7nm. Prosesor yang tampil dengan arsitektur Zen 2 tersebut juga ditemani oleh keping grafis (GPU) powerful NVIDIA GeForce RTX 2060.

Tidak hanya untuk bermain gim, ROG Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan refresh rate tinggi dan dukungan teknologi AMD FreeSync yang membuat layar ROG Zephyrus G14 mampu mereproduksi warna secara akurat.

Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated yang dapat digunakan untuk para profesional kreatif dan content creator.

Hadir dalam dua varian yaitu Moonlight White dan Eclipse Gray, ROG Zephyrus G14 dibekali baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan yang dapat diisi ulang melalui charger USB Type-C.

Selain mendukung power delivery, port USB Type-C di ROG Zephyrus G14 juga mendukung display output dengan dukungan protokol DisplayPort 1.4. Sementara port HDMI 2.0b memungkinkan laptop gaming ultraslim ini untuk dapat dihubungkan ke monitor dan TV 4K.

Baca juga: "Laptop" ultra-ringkas ASUS dilengkapi "ScreenPad 2.0"

Dari segi bodi, ROG Zephyrus G14 memiliki ketebalan 17,9mm dan bobot 1,6kg tanpa custom LED matrix. Laptop tersebut juga menggunakan bahan magnesium alloy yang diproses secara khusus sehingga tidak akan meninggalkan bekas sidik jari ketika digunakan.

ROG Zephyrus G14 juga diklaim sebagai laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi fitur AniMe Matrix, yang memungkinkan pemain gim untuk menampilkan grafis, animasi, dan berbagai efek tampilan di belakang layar.

AniMe Matrix menggunakan 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkatan pencahayaan. Selain gambar dan animasi, AniMe Matrix juga dapat menghadirkan berbagai efek tampilan seperti music equalizer yang tersingkronisasi dengan sistem audio di ROG Zephyrus G14.

ROG Zephyrus G14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang didesain khusus agar tidak menghasilkan panas berlebih. AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang digunakan di ROG Zephyrus G14 memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Selain telah dirancang agar tidak menghasilkan panas berlebih, AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors di ROG Zephyrus G14 juga ditemani memori DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan, laptop gaming ini menggunakan NVMe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Untuk konektivitas nirkabel, ROG Zephyrus G14 hadir dengan Intel WiFi 6 (Gig+) atau WiFi 802.11ax. ROG Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari atau fingerprint yang terletak di tombol power.

Baca juga: ASUS hadirkan laptop pertama di dunia dengan dua layar

Baca juga: Asus Ultra K403, laptop tahan banting bersertifikasi militer

Baca juga: Asus luncurkan dua laptop premium Zenbook UM431 dan UM462


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020