Bagi kami, kepercayaan diri sangat penting
Jakarta (ANTARA) - David Moyes dipuji telah membawa West Ham United ke arah yang jelas sejak kembali menangani klub London itu pada 29 Desember menggantikan Manuel Pellegrini. Pujian ini disampaikan bek sayap Arthur Masuaku.

Menurut Masuaku perubahan yang dibawa Moyes sejak kedatangannya lebih ke aspek moral dan kepercayaan diri pemain, ketimbang urusan taktik, dan hal itu melecut dia dan rekan-rekannya.

"Ada sedikit perubahan dari segi taktik yang dilakukannya, tetapi tidak banyak," kata Masuaku dalam laman resmi West Ham, Jumat.

"Perubahan lebih banyak ke aspek kondisi moral dan kepercayaan diri. Ia datang dan menegaskan 'jika kamu tak bekerja keras, kamu tidak akan main' dan itu memperjelas arah kami sekarang," ujarnya menambahkan.

Baca juga: West Ham tandai kembalinya Moyes dengan lumat Bournemouth 4-0

Masuaku selalu tampil dalam dua pertandingan pertama pada era kedua Moyes di West Ham yang selalu berbuah kemenangan, termasuk kala melumat Bournemouth empat gol tanpa balas awal tahun ini.

Lantas Moyes juga menuntun West Ham melangkah ke putaran keempat Piala FA setelah melewati tim strata ketiga Gillingham 2-0.

"Bisa dilihat sendiri pertandingan melawan Bournemouth, cara kami bermain, menuangkan konsentrasi, menekan lawan dan itulah yang kami serta para suporter inginkan," ujar Masuaku.

"Bagi kami, kepercayaan diri sangat penting, sebab dalam sepak bola jika Anda tak memilikinya, Anda menjelma jadi pemain yang berbeda dan Moyes menyuntikkan kepercayaan diri itu ke kami, sehingga kami bisa menikmati permainan di lapangan," kata dia lagi.

"Pesannya selalu sama, yakni kami harus berani. Ia ingin kami susah dikalahkan dan tak mudah kebobolan. Dan ketika seluruh tim memenuhi itu, kami adalah kubu yang hebat," pungkas Masuaku.

Baca juga: Zabaleta lempangkan jalan West Ham ke putaran empat Piala FA

Arah positif Moyes bersama West Ham bakal mendapat ujian ketika The Hammers bertandang ke Bramall Lane menghadapi Sheffield United dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris Sabtu dini hari WIB nanti.

Kemenangan akan membuat West Ham yang saat ini menduduki urutan ke-16 dengan 22 poin kian menjauh dari zona degradasi.

Baca juga: West Ham tanpa RyanFredericks selama satu bulan
Baca juga: David Moyes ingin bereuni lagi dengan Fellaini di West Ham
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: mampukah Mourinho hadang langkah mulus Liverpool?

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020