Reli Dakar

Juara etape VI, Brabec perlebar jarak di pucuk klasemen

Juara etape VI, Brabec perlebar jarak di pucuk klasemen

Pebalap Honda Ricky Brabec asal Amerika Serikat melaju di etape VI Dakar 2020 yang menempuh Ha'il menuju Riyadh, Arab Saudi dengan jarak total 830km, Jumat. (10/1/2020) (ANTARA/HO/DPPI Media)

Saya senang bisa berada di sini dan menjadi pemuncak klasemen umum, banyak hal yang bisa terjadi
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Amerika Serikat Ricky Brabec memenangkan etape keduanya di Dakar 2020 setelah finis satu menit 34 detik di depan Joan Barreda pada etape keenam, Jumat.

Juara Dakar 2018 Matthias Walker dari tim KTM itu finis dua menit 45 detik di belakang kedua pebalap Honda tersebut, diikuti oleh Pablo Quintanilla dengan motor Husqvarnanya, empat menit 55 menit dari sang juara etape, demikian laman resmi Dakar.

Setelah menjuarai etape III dan finis terdepan hari ini, Brabec memperlebar jarak di puncak klasemen kategori sepeda motor dengan unggul 20 menit 56 detik dari Quintanilla

Kevin Benavides mengawali etape pada peringkat tiga klasemen pagi ini namun harus mengucapkan selamat tinggal pada Dakar tahun ini setelah motor sang pebalap Argentina itu mengalami kerusakan mesin 44 km menjelang finis.

Toby Price menjadi pebalap yang start pertama setelah menjadi juara etape V. Namun juara bertahan itu mengalami masalah dengan motor KTMnya ketika melaju di SS dan finis 16 detik di belakang Brabec.

Baca juga: Sainz perlebar jarak, Sunderland sudahi perburuannya di Dakar 2020

Pebalap asal Australia itu kini menduduki peringkat tiga klasemen dengan selisih 25 menit 39 detik dari sang pebalap Honda.

"Ini etape yang panjang," kata Brabec setelah menyelesaikan etape dari Ha'il menuju Riyadh yang berjarak total 830 km dengan Special Stage sejauh 477 km itu.

"Ini sangat panjang, etape pertama yang benar-benar 100 persen pasir. Saya senang bisa berada di sini dan menjadi pemuncak klasemen umum, banyak hal yang bisa terjadi," kata Brabec yang mengincar gelar pertama dia pada tahun keempatnya turun di Dakar itu.

Baca juga: Hasil etape IV Dakar: Cornejo dan Peterhansel finis terdepan di Al-Ula

Quintanilla kehilangan hampir lima menit hari ini namun masih menjadi penantang terdekat Brabec dalam klasemen umum.

Pebalap asal Chile itu mengakui medan balapan hari ini yang sepenuhnya pasir menyulitkan para pebalap yang start terdepan.

"Saya tahu sejak awal akan kehilangan waktu di medan seperti ini ketika kalian membuka jalan.... Tapi pada akhirnya, cukup baik. Tak ada yang menyalip saya. Toby punya masalah jelang finis, jadi saya berada di depan. saya kira ini hari yang baik.

Setibanya di Riyadh, para pebalap akan jeda satu hari dari balapan sebelum meneruskan etape VII pada Minggu menempuh rute sepanjang 741 km dari Riyadh menuju Wadi Al Dawasir dengan SS sepanjang 546 km.

Baca juga: Peterhansel menangi etape IV, Sainz bertahan di puncak klasemen

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar