JICA siap bekerja sama kembangkan MRT di kota selain Jakarta

JICA siap bekerja sama kembangkan MRT di kota selain Jakarta

Dokumentasi - Rangkaian kereta MRT melintas di bawah Halte Transjakarta Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) koridor 13 di Jakarta, Selasa (31/12/2019). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz

Kalau kami menerima permintaan dari pemerintah Indonesiaa
Jakarta (ANTARA) - Badan Kerja Sama Internasional Jepang atau Japan International Cooperation Agency (JICA) siap bekerja sama untuk mengembangkan moda transportasi MRT di kota-kota selain Jakarta jika terdapat permintaan dari pemerintah Indonesia.

"Kalau kami menerima permintaan dari pemerintah Indonesia, kami siap untuk bekerja sama di kota-kota lainnya di Indonesia," ujar Chief Representative JICA Indonesia Yamanaka Shinichi di Jakarta, Jumat.

Menurut Yamanaka Shinichi, hal tersebut dikarenakan setelah melihat kesuksesan dan perkembangan pesat moda transportasi MRT di Jakarta.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi melihat transportasi MRT Jakarta sebagai proyek terbaik atau flagship project kerja sama antara Jepang dan Indonesia.

Baca juga: MRT Jakarta dipandang proyek terbaik kerjasama Jepang-Indonesia

Menurut Dirut MRT Jakarta William Sabandar, Menlu Jepang Toshimitsu Motegi menyampaikan dirinya sangat puas atas perkembangan MRT Jakarta yang sangat pesat seperti jumlah penumpang yang melampaui target hingga kontribusi besar MRT dalam mengubah budaya masyarakat Indonesia.

Sedangkan Menteri Agraria, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata atau Minister of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT) Jepang, Kazuyoshi Akaba dalam kunjungan pada Desember 2019 menyampaikan bahwa moda transportasi MRT Jakarta dapat berkontribusi mengatasi masalah kemacetan.

Baca juga: MRT sebagai gerbang menuju transportasi terintegrasi di Jakarta

Akaba juga memuji stasiun MRT Jakarta yang terurus dan kecepatan kereta MRT yang lebih cepat dibandingkan dengan kereta MRT di Jepang.

Pemerintah Jepang sendiri telah menyatakan minatnya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam rencana pembangunan fase II moda transportasi MRT Jakarta.

Pembangunan fase II Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yaitu dari Bundaran HI hingga Stasiun Kota dinilai masih berjalan sesuai jadwal dan ditargetkan selesai pada sekitar periode kuartal III tahun 2024.

Baca juga: Indonesia-Jepang teken kesepakatan teknis KA Jakarta-Surabaya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

JICA : banyak sumur tak terdata di DKI Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar