Bea Cukai sita ribuan bungkus rokok ilegal di Kabupaten Malang

Bea Cukai sita ribuan bungkus rokok ilegal di Kabupaten Malang

Ilustrasi - Petugas Satpol PP menata rokok ilegal sitaan di Batu, Jawa Timur, Selasa (18/4). Ribuan rokok ilegal berbagai merek yang tanpa dilengkapi pita cukai tersebut disita petugas Bea Cukai dan Satpol PP setempat dari sejumlah kios. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/kye/17)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Bea Cukai Malang mengamankan ribuan bungkus rokok ilegal berupa hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin (SKM) berbagai merek tanpa dilekati pita cukai, dari wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Bea Cukai Malang Latif Helmi mengatakan bahwa pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 7.939 bungkus rokok ilegal, atau setara dengan 154.780 batang rokok ilegal di Dusun Alastledek, Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang.

"Kami tidak akan mentolerir segala tindakan yang melanggar ketentuan di bidang cukai," kata Latif, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat.

Latif menjelaskan, dari hasil operasi tersebut ditaksir total kerugian negara mencapai Rp70.424.900. Hingga saat ini, kasus yang diungkap pihak Bea Cukai Malang itu, masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

Menurut Latif, temuan tersebut bermula dari pelaksanaan operasi pemberantasan rokok ilegal, di wilayah Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Operasi tersebut dilakukan berbekal pertukaran informasi antara Bea Cukai Malang dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

Setelah dilakukan penyisiran, petugas Bea Cukai Malang mendapati beberapa toko yang menyimpan dan menyediakan untuk dijual, barang kena cukai hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin.

"Petugas mengamankan seluruh barang bukti, untuk dibawa ke kantor Bea Cukai," kata Latif.

Sebagai catatan, pada Januari-November 2019, Bea Cukai Malang telah melakukan 218 penindakan terkait Hasil Tembakau (HT) sebanyak 38 penindakan, dan Hasil Pengelolaan Tembakau Lainnya (HPTL) tiga penindakan.

Selain itu, penindakan terhadap Minuman Mengandung Etyl Alkohol (MMEA) sebanyak 24 penindakan, dan penindakan dari pengiriman Pos sebanyak 153 kasus.

Baca juga: BNN dan BC Jatim gagalkan peredaran 7 kilogram ganja di Malang

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bea Cukai Banten musnahkan miras & rokok ilegal senilai Rp3,16 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar