45 titik baru kamera E-TLE segera aktif pada Februari

45 titik baru kamera E-TLE segera aktif pada Februari

Pelanggar lalu-lintas membayar denda tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement atau E-TLE) di Kejaksaan Tinggi Jakarta Barat, Jumat (12/7/2019). Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan akan memasang 81 kamera tilang baru di jalan protokol hingga titik rawan pelanggaran lalu-lintas, diantaranya di Kota Tua-Gajah Mada, Simpang Harmoni-Jalan Medan Merdeka Barat dan Blok M. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

45 titik nanti yang akan kita pasang, ini masih diinstalasi, rencana Februari akan terpasang seluruhnya
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya telah mempersiapkan 45 titik baru yang dilengkapi dengan kamera electronic traffic law enforcement (E-TLE) yang akan segera aktif pada Februari tahun ini.

"Ada rencana penambahan, ini lagi proses 45 titik nanti yang akan kita pasang, ini masih diinstalasi, rencana Februari akan terpasang seluruhnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat.

Sebanyak 45 titik kamera itu akan melengkapi 12 titik kamera E-TLE yang saat ini sudah beroperasi.

Baca juga: Tilang elektronik dari konvensional menuju era digital

Yusri mengungkapkan 45 titik kamera baru itu diperkirakan akan beroperasi pada Februari tahun ini.

"Untuk 45 yang lagi diinstalasi ini mudah-mudahan secepatnya Februari ini sudah terpasang dan bisa operasional semua," sambungnya.

Pemprov DKI Jakarta juga telah menyetujui bantuan anggaran pengadaan 45 kamera elektronik sebesar Rp38 miliar.

E-TLE dikembangkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sejak November 2018 sebagai terobosan revolusioner dalam mentransformasi penegakan hukum bidang lalu lintas dari pola konvensional menuju penegakan hukum berbasis digital.

Berdasarkan data yang dikumpulkan sejak 1 November 2018 hingga November 2019 sistem E-TLE sudah menindak 54.074 pelanggar berbagai aturan lalu lintas. Dari jumlah tersebut sebanyak 25.459 sudah melakukan konfirmasi dan membayar tilang sesuai dengan prosedur.

Baca juga: Polda Metro Jaya berlakukan tilang elektronik motor tahun depan

Meski demikian tidak sedikit pelanggar yang mengabaikan, tercatat 28.615 pelanggar yang masih belum membayar tilang.

Konsekuensinya bagi yang belum membayar adalah akan diblokir kendaraannya. Melalui sistem E-TLE, denda tilang yang diserahkan kepada negara tercatat sebesar Rp3.961.450.000.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Diskominfo Kota Bandung siapkan 227 CCTV untuk tilang elektronik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar