Jakarta (ANTARA) - Petenis Serbia Novak Djokovic menuturkan pertandingan yang diikuti sebagai tim memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan bertanding dalam nomor individu.

Menurut petenis peringkat dua dunia ini, bermain dalam sebuah tim memberikan kemampuan khusus agar bisa menciptakan ikatan dan kerja sama dengan sesama anggota tim, dilansir atptour.com, Jumat.

Hal itu jelas berbeda jika bertanding di turnamen tunggal, karena setiap petenis hanya akan berbagi informasi dan trik bermain antara pemain dan pelatih saja, katanya.

"Kami kerap berkumpul dan berbincang di hotel sebelum pertandingan setiap hari, dan salah satu dari kami pasti mengutarakan ide dan masukan tentang lawan yang akan dihadapi olehnya atau kawan kami," Djokovic mengatakan.

Baca juga: Spanyol ditunggu tuan rumah Australia dalam semifinal ATP Cup

Baca juga: Perseteruan Serbia-Kanada di Brisbane lanjut ke Sydney


"Saya rasa semua orang punya kesempatan untuk berbagi apa yang mereka rasakan, entah sebuah saran atau suatu hal yang mereka perhatikan atau amati," katanya menambahkan.

Hal lain yang ia sukai dari ATP Cup adalah Zona Tim setiap negara terletak tepat di sisi lapangan, sehingga ia bisa berinteraksi dengan sesama petenis Serbia sepanjang laga. Meski posisi Kapten Serbia dipegang Nenad Zimonjic, namun setiap pemain dibolehkan berbagi masukan kepada rekannya di tengah pertandingan. Sebagaimana yang dilakukan Viktor Troicki kepadanya hari Jumat.

"Mereka (rekan tim) benar-benar ada di belakangmu, sehingga kami bisa berinteraksi, berbincang, dan bertanya soal sesuatu yang tak kau lihat. Apakah kita bermain dengan benar atau salah, atau apa yang dilakukan lawan di sisi lain lapangan," ujar Djokovic.

Serbia lolos dari babak perempat final usai mengalahkan Kanada 3-0, Jumat pagi. Selanjutnya mereka akan bertemu Rusia di babak empat besar untuk memperebutkan posisi di babak final ATP Cup 2020.

Baca juga: De Minaur terharu dengan kerja sama tim Australia di ATP Cup

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020