Anggota Polrestro Jaksel 'wajib' tanam bibit pohon bila naik pangkat

Anggota Polrestro Jaksel 'wajib' tanam bibit pohon bila naik pangkat

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama memberikan sambutan dalam kegiatan penanaman pohon Polri Peduli Penghijauan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (10/1/2020). ANTARA/HO Humas Polres Metro Jaksel/am.

Adapun jenis pohon tanaman produktif yang disiapkan yakni pohon rambutan, kelengkeng, jambu, mangga, mauni, jamplang, kepuh, eukaliptus, anggur laut, bunga merak, juwet, trembesi, asem jawa, dan ketapang
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama wajibkan anggotanya untuk menanam bibit pohon dalam rangka mendukung program "Polri Peduli Penghijauan" secara berkelanjutan.

"Akan ada program anggota yang naik pangkat wajib menanam pohon," kata Bastoni saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Bastoni menyebutkan, langkah ini diambil sebagai wujud keseriusan jajaran Polri dalam upaya pelestarian lingkungan khususnya di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan.

Seperti kegiatan penanaman serentak yang dilakukan pihaknya Jumat (10/1) kemarin, sebanyak 1.500 bibit pohon tanaman produktif disiapkan untuk ditanam di lingkungan Polres Metro dan seluruh Polsek.

Secara simbolik kegiatan program Polri Peduli Penghijauan itu dipusatkan di Taman Margasatwa Ragunan, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Jakarta Selatan. Penanaman serentakpun dilaksanakan di seluruh Polsek.

Baca juga: Polri Peduli Penghijauan Polrestro Jaksel tanam bibit pohon di Ragunan

Baca juga: Polri gagas penanaman pohon nasional antisipasi bencana alam

Baca juga: Polresta Pulau Ambon laksanakan program Polri Peduli Penghijauan


Ia mengatakan 1.500 bibit pohon tanaman produktif tersebut akan ditanam secara bertahap, ditargetkan penanaman selesai hingga minggu depan.

"Selain naik pangkat, kita juga programkan pejabat Polres dan Polsek yang serah terima jabatan untuk pejabat lama wajib menanam pohon sebagai kenang-kenangan," kata Bastoni.

Adapun jenis pohon tanaman produktif yang disiapkan yakni pohon rambutan, kelengkeng, jambu, mangga, mauni, jamplang, kepuh, eukaliptus, anggur laut, bunga merak, juwet, trembesi, asem jawa, dan ketapang.

Bastoni menambahkan, upaya menanam bibit pohon merupakan upaya penghijauan yang tujuannya menjaga ekosistem, mengantisipasi banjir, dan untuk keseimbangan alam.

"Pohon yang kita tanam juga untuk warisan kepada anak cucu kita nanti, agar bumi tetap lestari," kata Bastoni.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar