Selain lima siswa yang mengikuti kegiatan pendidikan itu, terdapat dua siswa lain yang berasal dari kabupaten lain di Provinsi Bangka Belitung
Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengirim lima siswa berkebutuhan khusus untuk mengikuti pendidikan vokasional angkatan XXIII/2020 di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas Cibinong, Jawa Barat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Baharudin Bafa, di Sungailiat, Sabtu, mengatakan pendidikan vokasional untuk meningkatkan kualitas keterampilan siswa berkebutuhan khusus sesuai bidangnya.

"Kelima siswa tersebut yang dipercaya mengikuti kegiatan pendidikan vokasional angkatan XXIII berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Sungailiat," kata dia.

Dia menjelaskan siswa tersebut akan mengikuti pendidikan praktik keterampilan desain grafis, menjahit, dan pekerjaan logam selama enam bulan setelah sebelumnya dinyatakan lulus dari seleksi oleh panitia.

"Pendidikan vokasional bagi siswa berkebutuhan khusus di Cibinong, Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata dia.

Baca juga: BBRSPDI Temanggung rancang kurikulum edukasi kopi penyandang disabilitas

Dia mengatakan pelatihan itu diperlukan mereka karena dari pengalaman siswa sebelumnya yang pernah mengikuti kegiatan yang sama akan memiliki kemampuan keterampilan yang cukup baik.

Harapan pemerintah dengan diselenggarakan pendidikan vokasional bagi siswa berkebutuhan khusus, kata dia, supaya bisa menjalankan fungsi sosialnya secara layak meskipun mereka memiliki keterbatasan secara fisik.

"Kita berharap dengan bekal keterampilan yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus tidak menghalangi mereka dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," kata dia.

Dia mengatakan pemerintah pusat maupun daerah berusaha memperhatikan pemenuhan hak dasar mereka yang berkebutuhan khusus untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

"Selain lima siswa yang mengikuti kegiatan pendidikan itu, terdapat dua siswa lain yang berasal dari kabupaten lain di Provinsi Bangka Belitung," katanya.

Baca juga: Kemensos optimalkan pelaksanaan program rehabilitasi sosial lansia
Baca juga: Kemensos siapkan Balai Rehabilitasi Sosial Anak

 

Pewarta: Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020