MoU ini untuk penguatan masing-masing lembaga. Ruang lingkupnya di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, dan peningkatan sumber daya manusia
Yogyakarta (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan eksistensi dan kapasitas pengelolaan institusi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam bentuk Surat Perjanjian Kerja Sama (SPK) dengan beberapa FISIP Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia, di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu.

MoU yang langsung ditandatangani Dekan FISIP UMSU Dr. Arifin Saleh, S.Sos, MSP di Yogyakarta  itu dilakukan dengan Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), FISIP Universitas Muhammadiiyah Jakarta (UMJ), FISIP Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), dan FISIP Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS).

Arifin Saleh menyampaikan, kesepakatan melakukan MoU dan penandatanganan dilakukan di sela-sela rangkaian acara Rapat Kerja Forum Dekan FISIP PTM se-Indonesia di kampus FISIP UMY, 10-11 Januari 2020.

"MoU ini untuk penguatan masing-masing lembaga. Ruang lingkupnya di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, dan peningkatan sumber daya manusia," katanya.

Menurut Arifin, MoU merupakan kebutuhan institusi sebagai payung hukum untuk melakukan kegiatan-kegiatan bersama. Bentuk kegiatan dari kerja sama ini antara lain, penelitian bersama, penulisan, kuliah umum/seminar/workshop, pertukaran dosen dan mahasiswa, dan pengelolaan jurnal ilmiah.

"Kegiatannya nanti akan menitikberatkan kepada output (masukan) dan outcome (manfaat). Ini sekaligus menjawab tuntutan LKPS 4.0 atau akreditasi 9 kriteria," kata Arifin Saleh.

Dekan FISIP UMY  Dr Titin Purwaningsih,menyambut positif penandatanganan MoU itu.

"Ini salah satu upaya saling membesarkan di lingkungan FISIP PTM se-Indonesia. Ini juga bagian dari kegiatan-kegiatan yang ada di Forum Dekan FISIP PTM," kata perempuan yang juga Ketua Forum Dekan (Fordek) FISIP PTM.

Baca juga: Pengurangan sampah plastik dideklarasikan bersama FISIP UMSU-Pelindo 1

Baca juga: Raih ISO 9001, UMY diharapkan hasilkan lulusan yang dapat membangun Indonesia

Baca juga: UMSU juara dua olimpiade Fakultas Kedokteran Wilayah Sumatera

Baca juga: Haedar Nashir dikukuhkan sebagai guru besar UMY

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020