"Super Show 8" di Jakarta, kado awal tahun nan spesial bagi ELF

Oleh Arnidhya Nur Zhafira

"Super Show 8" di Jakarta, kado awal tahun nan spesial bagi ELF

Poster konser Super Junior "SUPER JUNIOR WORLD TOUR - SUPER SHOW 8: INFINITE TIME' in JAKARTA".  (Instagram.com/dyandraglobal)

Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Super Junior menggelar konser tunggalnya bertajuk "Super Show 8 - Infinite Time in Jakarta", yang dihelat di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (11/1).

Konser itu adalah konser yang digelar setelah seluruh anggota Super Junior menyelesaikan masa wajib militer dalam 10 tahun terakhir, sehingga bisa dibilang spesial karena kedelapan anggota bisa tampil bersama.

Baca juga: Super Junior dan nostalgia di SS8 Indonesia (video)

Kedelapan personel yang menyambangi Indonesia adalah Leeteuk, Yesung, Shindong, Donghae, Eunhyuk, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun.

"Super Show 8" dihelat di awal tahun dan beberapa hari jelang rilisnya album repackage terbaru mereka, membuat para Everlasting Friends (ELF) -- julukan penggemar mereka seakan mendapatkan kado manis dari idolanya.

"2020! Happy new year! Saya senang bisa memulai 2020 bersama ELF Indonesia," ujar Eunhyuk di sela-sela pembukaan konser.

Konser itu dibuka dengan lagu "Superman" nan megah, dibarengi dengan pertunjukan light stick yang ELF bawa, dengan serentak berubah warna mengikuti dentuman lagu.

Semangat terus dibangun oleh grup yang sudah eksis di tahun 2005 itu. Penampilan berturut-turut dari lagu "Crown", "A Man in Love", dan "Bonamana" semakin memanaskan panggung.
 
Super Junior Eunhyuk dalam konser "Super Show 8 - Infinite Time in Jakarta", yang dihelat di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu, (11/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Baca juga: Penampilan baru Shindong bikin pangling di Super Show 8

Masih enerjik

Para personel yang rata-rata memiliki rentang usia 30 tahunan itu masih terlihat enerjik dan kompak membawakan lagu-lagu mereka.

Sesekali mereka dengan lihai memberikan fan service di kamera dan membuat ELF Indonesia semakin semangat mengikuti konser.

Penampilan Super Junior semakin memanas dengan lagu-lagu populer mereka seperti "Opera", "Sexy Free and Single", "Black Suit", dan "Mamacita".

Tak hanya itu, mereka juga mengajak ELF untuk bernostalgia sejenak dengan lagu "Rokkugo" yang dulunya dibawakan oleh sub-unit Super Junior T di tahun 2008.

"Rokkugo" yang awalnya dikemas dengan gaya musik trot -- jenis musik Korea Selatan yang memiliki kemiripan dengan genre musik dangdut, dibawakan dengan gaya hip-hop awal 2000-an nan kocak.

Baca juga: ELF Indonesia nyanyikan "11 Januari" untuk Super Junior

Menuju 15 tahun
Super Junior dalam konser "Super Show 8 - Infinite Time in Jakarta", yang dihelat di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu, (11/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Super Junior bisa dibilang merupakan pionir dari derasnya arus hallyu (Korean wave) di Indonesia pada tahun 2000-an. Lagu "Sorry, Sorry" seakan sangat familier bagi semua penyuka K-pop di Indonesia.

Tak terasa, rupanya grup yang mulanya debut dengan 13 anggota itu akan segera menginjak usia ke-15 tahun sejak debutnya.

"Hari ini spesial sekali. Tak hanya bisa bertemu ELF Indonesia, kami juga akan merayakan tahun ke-15 kami. Terima kasih sudah menjadi fans kami untuk waktu selama ini," kata Eunhyuk.

Bukan hanya memanjakan penggemar dengan penampilan enerjik, grup yang akrab disapa SuJu itu juga membawa ELF untuk melihat ke belakang sejenak dan berbagi cerita.
Baca juga: Kata ELF soal konser Super Junior hari ini
 
Super Junior dalam konser "Super Show 8 - Infinite Time in Jakarta", yang dihelat di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu, (11/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Mereka mengambil tema "cinta" sebagai obrolan singkat nan intim dengan ELF -- yang bisa dibilang tumbuh bersama idolanya selama bertahun-tahun.

"Ada yang bilang, cinta itu bisa berubah. Tapu saya rasa cinta dari ELF tak pernah berubah. Selama saya hidup saya bertemu dengan banyak orang, dan saya senang sekali bisa bertemu dan menerima cinta kalian," ujar Donghae.

Tak mau kalah, Siwon juga mengucapkan kata-kata yang menghangatkan hati para ELF, "Jika kalian memiliki masalah, kalian bisa berbagi dengan kami. We have each other."

SuJu kemudian juga tampil dengan lagu-lagu ballad mereka seperti "Love Disease" yang dibawakan sub-unit K.R.Y, "She's Gone", dan "My All is in You".
Super Junior dalam konser "Super Show 8 - Infinite Time in Jakarta", yang dihelat di Indonesia Convention Center, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu, (11/1/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Konser berdurasi hampir 3 jam itu semakin meriah dengan penampilan lagu-lagu populer lainnya seperti "Sorry, Sorry Answer", "Sorry, Sorry", "Devil", dan lagu terbaru mereka, "Super Clap".

Tata cahaya dan panggung ditambah dengan kemilau light stick yang dibawa ELF semakin menyemarakkan suasana jelang akhir "Super Show 8" di Jakarta.

"Energinya selalu sama setiap kali kami ke Indonesia. Rasanya senang sekali, dan saya harap kita bisa mampir lebih sering lagi. Berikan banyak cinta buat kami, dan kami juga akan selalu membalas cinta kalian," kata sang leader Leeteuk di akhir acara.

Baca juga: Super Junior: ELF Indonesia paling hebat

Baca juga: Donghae Super Junior: "My name is Dimas"

Baca juga: Konser Super Show 8 baru mulai, Leeteuk Super Junior pamer dada bidang

Oleh Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar