...Dan tim pengacara kami sengaja pilih internasional yang basisnya di Uni Eropa, yaitu di Ibu Kota Uni Eropa, Brussels.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti RI gunakan tim kuasa hukum internasional hadapi Uni Eropa terkait kelapa sawit, penerbitan Perpres RPJMN 2020-2024.

Kemudian, menghindari impor migas, Bandara Dewadaru Karimunjawa penyangga Borobudur, dan BEI tindak saham gorengan.

Berikut rangkuman berita pada pekan kedua Januari 2020 ini.

1. RI gunakan tim kuasa hukum internasional hadapi Uni Eropa

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menggunakan tim kuasa hukum internasional untuk menghadapi Uni Eropa untuk kebijakan Renewable Energy Directive II (RED II) dan Delegated Regulation UE yang dianggap mendiskriminasikan produk kelapa sawit Indonesia di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

"Sejak awal kami sudah dikawal dengan tim pengacara. Dan tim pengacara kami sengaja pilih internasional yang basisnya di Uni Eropa, yaitu di Ibu Kota Uni Eropa, Brussels," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Gapki ingatkan perlunya menjaga pasar sawit Asia Selatan

2. Perpres RPJMN 2020-2024 terbit

Peraturan Presiden tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 ditargetkan terbit pada 20 Januari 2020 yang mencakup sejumlah hal terkait pertumbuhan ekonomi.

"Hal-hal yang penting yang akan saya sampaikan dalam RPJMN ini adalah pertama pertumbuhan ekonomi. Kita memahami keadaan dunia internasional saat ini, tetapi kita tentu harus tetap optimistis dan kita mengambil di angka di antara 5,6 hingga 6,2 persen," kata Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa dalam jumpa pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

3. Hindari impor gas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan dirinya akan menghindari opsi impor untuk menekan harga gas industri.

"DMO (domestic market obligation atau kewajiban pasok ke dalam negeri) itu penting, sebab bisa menghambat impor. Kalau impor gas, maka akan ada masalah lain yaitu current account. Jika defisit current account meningkat, maka dapat memengaruhi nilai tukar rupiah," katanya di Jakarta, Kamis.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: BPH Migas sebut jaringan gas tekan impor Elpiji Rp18,08 miliar

4. Bandara Dewadaru Karimunjawa penyangga Borobudur

Kementerian Perhubungan mengembangkan Bandara Dewadaru Karimunjawa untuk menyangga salah satu destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur yang jaraknya hanya 40 mil atau 64 kilometer.

“Hari ini kita di Karimunjawa selalu dengar namanya familiar, saya bersama Bu Dirjen secara khusus mendatangi Karimun Jawa karena potensi pariwisatanya bagus dan ini sudah terbukti banyak sekali turis yang senang ke Karimun Jawa,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Dewadaru, Karimunjawa, Jepara, Sabtu.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: PUPR belum prioritaskan jalan Kulon Progo-Borobudur melalui Menoreh

5. BEI indak "saham gorengan"

Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan akan terus menindak "saham gorengan" sesuai dengan aturan yang berlaku di pasar modal.

Istilah “saham gorengan” seringkali digunakan oleh publik terhadap saham-saham yang memiliki volatilitas tinggi tapi tidak didukung oleh fundamental dan informasi yang memadai.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: BUMN: Saham "gorengan" penyebab Jiwasraya defisit likuiditas

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020