Melbourne (ANTARA) - Petugas pemadam kebakaran meninggal saat bertugas pada Sabtu di negara bagian Victoria, Australia.

Kematiannya menambah jumlah korban tewas kebakaran hutan Australia musim ini menjadi 28 orang saat pemerintah mengerahkan layanan kesehatan mental untuk membantu mereka di wilayah yang terkena dampak.

"Dengan kesedihan mendalam kami membenarkan bahwa ... seorang petugas pemadam kebakaran dari Parks Victoria yang sedang menjalankan tugas di wilayah Omeo meninggal," kata Kepala Forest Fire Management Victoria Chris Hardman melalui pernyataan.

Sejak Oktober ribuan warga Australia kembali dievakuasi ketika kebakaran dahsyat dan tak terduga menghanguskan lebih dari 10,3 juta hektar, sebuah wilayah yang setara dengan luas Korea Selatan.

Perdana Menteri Scott Morrison, yang dikritik keras oleh kubu oposisi dan kelompok lingkungan terkait penanganan kebakaran hutan dan sikapnya terhadap perubahan iklim, akan membahas krisis tersebut pada Minggu pagi di stasiun TV ABC News.

Sementara itu, kantornya merilis pernyataan yang berbunyi bahwa layanan kesehatan mental akan disediakan bagi mereka yang terkena dampak kebakaran.

"Kami perlu memastikan bahwa trauma dan kebutuhan kesehatan mental warga kami didukung melalui cara yang belum kami lakukan sebelumnya," kata Morrison.

Sumber: Reuters
Baca juga: Australia desak seperempat juta penduduk selamatkan diri
Baca juga: Bola api seperti badai membawa kematian dan kehancuran di Australia
​​​​​​​

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020