Polda Sumatera Barat siap jaga pelaksanaan Pilkada setempat

Polda Sumatera Barat siap jaga pelaksanaan Pilkada setempat

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit (ketiga kanan), Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat Amnasmen (kedua kanan), Ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen (kanan), Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Suwirpen Suib (kiri), Wakil Kapolda Sumatera Barat Brigadir Jenderal Polisi Rudy Sumardiyanto (kedua kiri), dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pramono Ubaid Tantowi (ketiga kiri) menabuh gendang saat peluncuran maskot pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, di pelataran Haji Gor Agus Salim Padang, Minggu (12/1/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/ama/pri.

Padang, (ANTARA) - Wakil Kepala Polda Sumatera Barat, Brigadir Jenderal Polisi Rudy Sumardiyanto, mengatakan, mereka dan TNI siap menjaga seluruh rangkaian Pilkada serentak di Sumatera Barat pada September 2020. "Polri akan bersinergi bersama TNI demi mewujudkan Pilkada yang aman, nyaman dan lancar," kata dia, di Padang, Minggu

Ia berharap dalam pelaksanaan nanti tahapan demi tahapan sampai pelantikan mulai gubernur dan bupati serta wali kota terpilih dalam situasi yang aman dan kondusif. Pilkada serentak di Sumatera Barat terdiri dari pemilihan gubernur-wakil gubernur serta Pilkada di 11 kabupaten dan dua kota.

Baca juga: Warga empat kota di Sumatera Barat pilih pemimpin baru

Menurut dia ada tiga elemen penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pilkada itu. Elemen yang pertama adalah penyelanggara yaitu KPU dan Bawaslu. Ia mempercayai pengawasan pemilu dilakukan dengan baik hingga tingkat kecamatan.

Kemudian di elemen kedua adalah keamanan. Ia mengatakan polisi bersama personel TNI nanti di TPS dibantu pengamanan masyarakat menyukseskan pengamanan. "Kami dari segi pengaman kami berharap pihak penyelenggara dapat bekerja," kata dia.

Setelah itu unsur ketiga masyarakat yang memilih. Masyarakat tentunya dapat memilih pemimpin yang benar-benar amanah yang membawa kabupaten, kota hingga provinsi. "Kami siap melaksanakan pengamanan di setiap tahap," katanya. 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

23 Calon DPD serahkan syarat dukungan di KPU Sumbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar