Kapal kargo rute Sunda Kelapa ke Pontianak tenggelam di Belitung

Kapal kargo rute Sunda Kelapa ke Pontianak tenggelam di Belitung

Tim SAR tengah melakukan persiapan pertolongan tenggelamnya kapal kargo di perairan Belitung. ANTARA/Kasmono/pri.

Belitung,Babel (ANTARA) - Kapal Kargo KM EL No.2 yang berlayar dari pelabuhan Sunda Kelapa ke Pontianak tenggelam di wilayah perairan Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahad pagi.

"Kapal tenggelam di perairan timur laut Seliu atau di sekitar Pulau Mendulu dikarenakan cuaca buruk," kata Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Fadli di Tanjung Pandan, Ahad.

Ia menjelaskan, KM EL No.2 yang bermuatan bahan bangunan seperti semen, besi dan barang lainnya tenggelam di posisi koordinat 03°03'079"S- 107 28'043" E dengan sebagian kapal masih dalam kondisi mengapung.

Baca juga: Tabrak karang, KM Jabal Nur tenggelam di perairan Manggarai Barat

Baca juga: Tiga korban perahu karam di Waykanan ditemukan meninggal dunia

Baca juga: Bangkai KM Shimpo 16 ganggu arus mudik di Pelabuhan Lewoleba


Menurutnya, kapal berangkat dari pelabuhan Sunda Kelapa pada Kamis (9/1) pukul 07:55 WIB, namun ketika dalam perjalanan kapal tersebut dihantam cuaca buruk dengan ketinggian gelombang mencapai 2,5 - 3 meter.

"Kapal tersebut diperkirakan bocor di haluan karena posisi tenggelamnya menungging, apalagi muatan semen, besi dan material lainnya, jadi berat dan cepat tenggelam," ujarnya.

Fadli menambahkan, pada pukul 03:00 WIB atau Ahad pagi kapal tenggelam karena diduga mengalami kebocoran sehingga 14 ABK sempat mengapung di perairan.

Kemudian pada pukul 05:00 WIB ke 14 ABK tersebut berhasil dievakuasi oleh kapal KM Tetap Jaya yang melintasi wilayah perairan tersebut kemudian di bawa menuju pelabuhan Tanjung Pandan.

"Alhamdulillah pada pukul 09:00 WIB mereka tiba di pelabuhan Tanjung Pandan setelah berhasil dievakuasi semuanya dalam kondisi selamat," katanya.*

Baca juga: KSOP Tanjung Pandan pastikan KM Putra Sentosa II layak berlayar

Baca juga: Empat ABK KM Putra Sentosa II selamat dan telah dievakuasi

Baca juga: Polisi periksa belasan orang terkait kapal tenggelam di Lembata

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kapal kargo Sunda Kelapa - Pontianak tenggelam di perairan Belitung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar