Sedapat mungkin mengurangi aktivitas yang tidak perlu diluar rumah, menjaga kesehatan termaauk konsumsi makanan sehat dan bergizi
Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan meminta setiap daerah untuk lebih mewaspadai kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah penyakit saat ataupun pascabanjir.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Sulsel dr Nurul di Makassar, Minggu, mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Dinkes di 24 kabupaten/kota untuk rutin melakukan penyuluhan dan sebagainya.

"Jadi kami (memasuki musim penghujan) sudah meminta ke Kabupaten/ Kota untuk siaga atas kemungkinan munculnya kejadian kasus penyakit termasuk KLB," ujarnya.

Pada hari ini, empat kabupaten di Sulawesi Selatan terkena banjir akibat hujan yang turun dengan intensitas yang cukup tinggi yakni di Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Baca juga: Banjir isolir ratusan kepala keluarga di Kabupaten Barru Sulsel

Baca juga: 460 rumah terendam banjir di Sidrap Sulawesi Selatan

Baca juga: Gubernur tegaskan pentingnya program konservasi hutan


Ia mengingatkan bagi warga yang daerahnya terdampak banjir maka harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terkena penyakit saat banjir ataupun setelah banjir surut.

Pertama, kata dia, sedapat mungkin mengurangi aktivitas yang tidak perlu diluar rumah, menjaga kesehatan termaauk konsumsi makanan sehat dan bergizi.

"Hal itu penting dilakukan khususnya bagi orang tua dan anak-anak yang rentan terserang penyakit saat banjir," jelasnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020