Reli Dakar

Benavides juara etape VII, Brabec belum terkejar di puncak klasemen

Benavides juara etape VII, Brabec belum terkejar di puncak klasemen

Ricky Brabec dari tim Monster Energy Honda beraksi di etape VII Reli Dakar 2020 menempuh rute 741km - SS 546km dari Riyadh menuju Wadi Al-Dawasir, Arab Saudi, Minggu (12/1/2020) (ANTARA/HO/DPPI Media) (ANTARA/HO/DPPI Media)

Jakarta (ANTARA) - Kevin Benavides dari tim Monster Energy Honda dinyatakan sebagai juara etape VII reli Dakar 2020 kendati sang pebalap asal Argentina itu kehilangan banyak waktu karena membantu Paulo Goncalves yang mengalami kecelakaan.

Benavides mencoba membantu Goncalves yang terjatuh di km 276 Special Stage dari etape yang menempuh Riyadh menuju Wadi Al Dawasir, Minggu. Sang pebalap tim Hero bernomor 8 itu mendapatkan penanganan medis di lokasi dan segera diterbangkan ke rumah sakit setempat, namun tak terselamatkan lagi.

Setelah catatan waktu dihitung kembali, Benavides berhak menjadi juara etape hari itu menyingkirkan rekan satu timnya, Joan Barreda ke peringkat dua dengan selisih satu menit 23 detik, demikian laman resmi Dakar.

Baca juga: Pebalap Portugal Paulo Goncalves tewas di etape VII Reli Dakar 2020

Matthias Walkner dan Luciano Benavides dari tim KTM finis peringkat tiga dan keempat dengan jarak empat menit dari sang juara.

Pebalap Honda lainnya, Ricky Brabec, finis kelima namun masih belum bergeser dari pucuk pimpinan klasemen sementara kategori sepeda motor.

Pebalap asal Amerika Serikat itu unggul sejauh 24 menit 48 detik dari Pablo Quintanilla dari tim Husqvarna, dan 27 menit 01 detik dari Jose Cornejo, rekannya di Honda.

Baca juga: Brabec dan Sainz dominan hingga paruh pertama Dakar 2020

"Etape ini berjalan baik. Aku harus membuka jalan, jadi aku tak berharap untuk menang dan memperlebar jarakku di puncak hari ini. Aku lebih memilih untuk tak kehilangan banyak waktu." kata Brabec.

"Rekanku, Joan, menyusulku dan aku kira kami menghabiskan sisa etape ini membalap bersama... tujuanku hari ini hanya untuk finis," kata Brabec.

Juara bertahan Toby Price juga turut membantu ketika Goncalves kecelakaan dan setelah dihitung ulang pebalap asal Australia itu finis peringkat tujuh, terpaut tujuh menit 57 detik dan bercokol di peringkat empat klasemen.

Etape selanjutnya akan start dan finis di Wadi Al Dawasir menempuh rute memutar sejauh 716km dengan Special Stage sepanjang 477km.

Baca juga: Vitse menang di Riyadh, Enrico terlempar dari klasemen

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar