Tenis

Djokovic/Troicki bawa Serbia jadi juara perdana ATP Cup

Djokovic/Troicki bawa Serbia jadi juara perdana ATP Cup

Petenis tim Serbia Novak Djokovic dalam final tenis ATP Cup 2020 di Ken Rosewall Arena, Sydney, Australia, Minggu (12/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pasangan Novak Djokovic/Viktor Troicki menutup partai penentu di babak final ATP Cup 2020 Australia dengan kemenangan 6-3, 6-4 atas pasangan Spanyol Pablo Carreno Busta/Feliciano Lopez, memberi keunggulan 2-1 bagi timnya dan membawa Serbia menjadi juara di turnamen yang baru digelar pertama kali ini.

"Saya akan mengingat pengalaman ini selama hidupku sebagai salah satu momen terindah dalam karirku. Saya tak pernah merasa terberkati seperti ini dalam 15 tahun perjalanan karir tenis, bisa berjuang bersama tim, bermain untuk negara dengan teman-teman terbaik, tak ada yang bisa menandingi perasaan ini," kata Djokovic, dilansir dari atptour.com, Minggu.

Djokovic/Troicki sempat tertinggal 1-3 di set pertama, namun di tengah riuh ramai dukungan warga Serbia di Ken Rosewall Arena, Sydney, mereka mampu mengamankan tujuh gim berturut-turut.

Petenis peringkat dua dunia ini juga tak menunjukkan gejala kelelahan meski sempat bermain di nomor tunggal pada partai kedua menghadapi Rafael Nadal.

Pertandingan usai, kedua pemain langsung melakukan selebrasi dan menunjukkan kegembiraan mereka bersama sekitar 2.000 warga Serbia yang berada di arena. Djokovic bahkan sempat melempar raketnya ke podium penonton yang kemudian ditangkap salah seorang pengunjung wanita.

Troicki juga tak kalah emosionalnya saat berhasil mencatatkan nama negaranya menjadi juara yang pertama kalinya di turnamen perdana ini.

"Saya ingin berterima kasih pada Novak karena bermain lagi bersamaku. Ini selalu jadi pengalaman yang hebat. Seperti kata dia (Novak), saya akan mengingat ini sepanjang hidupku," Troicki menuturkan.

Sebelumnya masuk ke partai ketiga, Djokovic berperan penting dengan memaksa Spanyol bertarung di partai terakhir. Ia mengalahkan Nadal 6-2, 7-6(4) dan menyamakan kedudukan 1-1.

"Saya sudah banyak bermain beberapa hari belakangan, timku juga bermain dengan sangat baik. Stamina saya memang agak menurun dari biasanya, karena sempat bertanding agak lama sebelumnya, lusa, dan saat (penyisihan) di Perth," kata Nadal menceritakan.

Di partai pertama, Spanyol lebih dulu unggul melalui Roberto Bautista Agut yang menundukkan Dusan Lajovic 7-5, 6-1.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tenis Ganda Campuran menjadi penutup yang manis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar