Jakarta (ANTARA) - Klub Persija Jakarta resmi dilatih Sergio Farias pada musim 2020 setelah juru taktik asal Brasil itu sepakat untuk kontrak selama setahun dengan opsi perpanjangan.

"Kami resmi meneken kontrak dengan Sergio Farias sebagai pelatih Persija untuk kompetisi tahun ini. Persija tertarik merekrutnya karena jejak kepelatihannya yang bagus," ujar Presiden klub Persija Jakarta Ferry Paulus, dikutip dari laman resmi klub di Jakarta, Minggu.

Menurut Ferry, Sergio merupakan pelatih berpengalaman dengan prestasi internasional yang mentereng.

Salah satunya, dia pernah membawa klub Korea Selatan Pohang Steelers menjadi juara Liga Champions Asia pada tahun 2009.

Atas pencapaian itu, Sergio sempat dianugerahi gelar pelatih klub terbaik di Asia pada tahun 2010 melengkapi raihan individu pelatih terbaik Korea Selatan pada tahun 2007.

Target Persija

Ferry menganggap catatan-catatan itu menjadi modal yang baik bagi tim berjuluk Macan Kemayoran yang mengincar gelar juara di Liga 1 Indonesia 2020.

"Kami yakin bisa membawa Persija juara sesuai target kami," tutur dia.

Sergio sendiri sampai saat ini masih berada di Brasil dan dipastikan belum dapat mendampingi tim di latihan perdana pada Senin (13/1) di Jakarta karena masih harus mengurus administrasi keimigrasian di kampung halamannya.

"Nanti asisten pelatih Sudirman bersama staf pelatih Persija akan memimpin latihan perdana. Setelah masalah administrasi selesai, Sergio akan bergabung dengan tim secepatnya," kata Ferry.

Siapa Sergio Farias?

Sergio Farias, pelatih berkewarganegaraan Brasil yang memulai langkah kepelatihannya sejak tahun 1993 dengan melatih klub Sao Mateus di Negeri Samba.

Pria berusia 52 tahun itu kemudian malang melintang menukangi sejumlah tim di Asia seperti Al Wasl di UAE pada 2010-2011, Guangzhou R&F di China ( 2012-2013) dan Suphanburi di Thailand (2014-2015; 2016-2017), serta di Afrika yaitu Tala'ea El Gaish SC di Mesir (2019).

Di luar klub, dia tercatat pernah melatih timnas U-17 dan U-20 Brasil.

Namanya moncer saat Sergio berkarier di Korea Selatan bersama klub Pohang Steelers pada tahun 2005-2009. Di sana, dia membawa timnya menjuarai Liga Korea K-League pada tahun 2007, Piala FA Korea pada 2008, Piala K-League pada tahun 2009 dan Liga Champions Asia pada tahun 2009.

Pohang lalu diantarkannya menjadi peringkat ketiga Piala Dunia Antarklub pada tahun 2009 berkat kemenangan atas tim Meksiko Atlante FC di perebutan tempat ketiga. Adapun juara turnamen ketika itu adalah klub raksasa Eropa Barcelona.

Sebelum mengikat kontrak dengan Persija, Sergio Farias menangani klub Mesir Tala'ea El Gaish SC pada musim 2019.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020