Reli Dakar

Juara etape VII, Karginov bertahan di puncak klasemen Dakar 2020

Juara etape VII, Karginov bertahan di puncak klasemen Dakar 2020

Pebalap Rusia Dmitry Sotnikov menjalani etape VII yang menempuh rute Riyadh menuju Wadi Al Dawasir sejauh 741 km dengan Spesial Stage 546 km, Minggu (12/1/2020). (ANTARA/HO/DPPI Media/dakar.com)

Jakarta (ANTARA) - Andrey Karginov masih memuncaki klasemen sementara Reli Dakar 2020 setelah menjadi yang tercepat pada etape VII kategori truk yang menempuh rute sejauh 741 km dari Riyadh menuju Wadi Al Dawasir, Arab Saudi, Minggu.

Juara Dakar 2014 itu terlibat duel sengit dengan Dmitry Sotnikov namun mampu mencatatkan waktu tercepat dengan hanya terpaut tiga detik dari rekannya di tim Kamaz itu, dan dua menit lima detik dari pebalap tim Kamaz lainnya Anton Shibalov, demikian catatan resmi Dakar.

Karginov yang start pertama itu memimpin etape VII tanpa menemui hambatan yang berarti. Sedangkan Sotnikov terus menempel ketat 46 detik di belakang saat memasuki Special Stage km 321.

Hingga km 431, Karginov tak mampu lebih jauh memperlebar jaraknya dari Satginov dan hanya mampu unggul 49 detik di depan.

Baca juga: Juarai etape VII, Sainz perlebar jarak di klasemen

Baca juga: Pebalap Portugal Paulo Goncalves tewas di etape VII Reli Dakar 2020


Satginov dan Shibalov membuntuti tidak terlalu jauh di belakang Karginov yang masih memimpin setelah 546 km dari Special Stage. Kendati begitu, Karginov terus memimpin balapan hingga finis meski catatan waktunya hanya berjarak tiga detik dari rekan satu timnya.

Hasil tersebut membawa Karginov bertahan di pucuk klasemen sejak empat etape terakhir sementara dengan unggul 21 menit 12 detik dari Anton Shibalov, 46 menit 39 detik dari Siarhei Viazovich.

Sementara itu, pebalap debutan asal Jepang Ikuno Hanawa harus rela meninggalkan Dakar tahun ini setelah truknya terbalik setelah 287 km menjelang Special Stage.

Bagi Sotnikov yang menjadi runner up etape kali ini mengatakan, medan balapan hari itu cukup membosankan.

“Hari ini terasa lama dan terkadang membosankan karena kami menghabiskan waktu mengendarai mobil di batas kecepatan,” kata Sotkinov selepas menjalani balapan.

Etape selanjutnya akan start dan finis di Wasi Al Dawasir menempuh rute memutar sejauh 716km dengan Special Stage sepanjang 477km.

Baca juga: Vitse menangi etape keduanya, Casale bertahan di puncak klasemen Dakar

Baca juga: Benavides juara etape VII, Brabec belum terkejar di puncak klasemen


 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar