Liga Inggris

Man City lucuti Aston Villa demi naik ke posisi kedua

Man City lucuti Aston Villa demi naik ke posisi kedua

Para pemain Manchester City merayakan gol ketiga Sergio Aguero (kedua kiri) ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (12/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Carl Recine)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City melucuti tuan rumah Aston Villa dengan skor 6-1 dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu setempat (Senin WIB), demi naik ke posisi kedua klasemen.

Dwigol Riyad Mahrez membuka pesta Man City disusul trigol Sergio Aguero dan satu gol lain milik Gabriel Jesus, sebelum tuan rumah mendapat gol hiburan lewat eksekusi penalti Anwar El Ghazi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu membuat sang juara bertahan kini mengumpulkan 47 poin dan naik ke posisi kedua, menggusur Leicester City (45) yang menelan kekalahan di kandang sendiri sehari lebih awal, sedangkan Aston Villa (21) terjerembab di urutan ke-18 alias zona degradasi.

Baca juga: Pep Guardiola siapkan Phil Foden sebagai pengganti David Silva
Baca juga: Leicester dipencundangi Southampton gara-gara Danny Ings dan VAR


Kendati demikian, perjuangan tim besutan Pep Guardiola untuk mempertahankan gelar juara masih sangat panjang dan menghadapi tantangan besar berupa jarak ketertinggalan 14 poin dari Liverpool (61) yang bercokol di puncak klasemen.

Sejak sepak mula, Man City segera menekan tuan rumah dan membuka keunggulan ketika Mahrez mengakhiri aksinya melewati Danny Drinkwater dengan tembakan mendatar demi menjebol gawang Aston Villa pada menit ke-18.

Enam menit berselang, Mahrez mencetak gol keduanya untuk menggandakan keunggulan tim tamu ketika berdiri bebas tak terkawal untuk menyelesaikan umpan kiriman Jesus.

Man City hanya membutuhkan empat menit untuk memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0 lewat gol pertama Aguero, yang dicetaknya dengan tembakan melengkung ke pojok kiri atas gawang. Gol itu bahkan membuat sebagian pendukung tuan rumah meninggalkan tribun, karena tak tahan menjadi saksi pembantaian Villa.

Gelombang serangan Man City tak mengendur dan babak pertama ditutup dengan gol Jesus, yang melakukan sontekan mudah untuk menyelesaikan umpan silang nan matang kiriman Kevin de Bruyne dan membuat kedudukan menjadi 4-0.

Baca juga: Pep Guardiola akui sulit cari pengganti Aguero
Baca juga: Sergio Aguero akan segera lampaui rekor Thierry Henry


Babak kedua berjalan tanpa ada perubahan berarti dan pada menit ke-57, Aguero mencetak gol keduanya lewat aksinya melepaskan diri dari tekanan Ahmad El Mohamady sebelum melakukan tusukan melewati Tyrone Mings sebelum menyelesaikan dengan tembakan keras ke pojok kanan bawah gawang. Man City lima, Villa nol.

Gol itu sekaligus menandai keberhasilan Aguero melampaui rekor Thierry Henry sebagai pemain asing tersubur di Liga Premier.

Belum cukup dengan dua gol, Aguero melengkapi penampilannya dengan raihan trigol saat ia memanfaatkan umpan kiriman Mahrez demi membuat torehannya di Liga Premier menjadi 177 gol.

Sayangnya, kemenangan Man City gagal dilengkapi dengan catatan nirbobol, sebab tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti akibat pelanggaran Ilkay Gundogan terhadap Trezeguet pada pengujung waktu normal.

El Ghazi menghadapi bola demi menaklukkan kiper Ederson Moraes dan mencetak gol hiburan bagi Villa. Peluit tanda usai berbunyi dan papan skor memperlihatkan angka enam di sebelah nama Man City dan hanya satu bagi Villa.

Di pertandingan selanjutnya, Man City akan menjamu Crystal Palace di Emirates pada Sabtu (18/1), ketika Villa secara bersamaan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion.

Baca juga: Aguero tegaskan City siap bersaing dengan Liverpool
Baca juga: Watford tinggalkan zona merah usai gulung Bournemouth 3-0
Baca juga: Hasil Liga Inggris: Liverpool kian tak terbendung dan unggul 16 poin


Susunan pemain:

Aston Villa (3-5-1-1): Orjan Nyland; Ezri Konsa Ngoyo, Kortney Hause, Tyrone Mings; Ahmed El Mohamady, Danny Drinkwater (Henri Lansbury), Douglas Luiz (Marvelous Namba), Conor Hourihane (Trezeguet), Neil Taylor; Jack Grealish; Anwar El Ghazi
Pelatih: Dean Smith

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Joao Cancelo, John Stones, Fernandinho (Nicolas Otamendi), Benjamin Mendy; Kevin de Bruyne (Phil Foden), Rodri Hernandez (Ilkay Gundogan), David Silva; Riyad Mahrez, Sergio Aguero, Gabriel Jesus
Pelatih: Pep Guardiola
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar