Pemkab Lembata perbaiki kerusakan akibat puting beliung di Hadakewa

Pemkab Lembata perbaiki kerusakan akibat puting beliung di Hadakewa

Rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Desa Hadakewa, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada Ahad (5/1/2019). (FotoANTARA/HO- Dok. Kepala Desa Hadakewa Klemens Kwaman)

kami juga sudah memotong pohon-pohon besar di sekitar rumah warga yang berpotensi bahaya
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lembata berjanji segera memperbaiki dampak kerusakan baik rumah warga maupun aset desa akibat bencana puting beliung yang menerjang wilayah Desa Hadakewa, Kecamatan Nubatukan pada Minggu (5/1).

“Pak Bupati (Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, red) sudah meninjau kondisi lapangan dan menjanjikan bahwa dampak kerusakan akan segera ditangani melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Kepala Desa Hadakewa, Klemens Kwaman, ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Senin.

Ia mengatakan, selain memperbaiki bangunan yang rusak, pemerintah kabupaten juga sudah menyalurkan bantuan logistik seperti beras, mi, dan makanan siap saji lainnya untuk warga yang terdampak bencana.

Baca juga: Sembilan rumah rusak akibat puting beliung di Hadakewa Lembata

Klemens menjelaskan, setelah bencana tersebut, pihaknya bersama masyarakat setempat telah menggelar musyawarah untuk membahas terkait bantuan penanganan dengan dukungan dana desa.

Namun, lanjut dia, karena sudah ditanggung pemerintah kabupaten maka desa mengambil peran lain berupa pembersihan dan pemotongan pohon-pohon di sekitar pemukiman warga.

“Selain membersihkan puing-puing bangunan kami juga sudah memotong pohon-pohon besar di sekitar rumah warga yang berpotensi bahaya kalau terjadi angin kencang,” katanya.

Dia menambahkan, kondisi cuaca buruk kali ini jauh lebih ekstrem dibandingkan tahun sebelumnya dan bencana puting beliung juga baru pertama kali melanda wilayah desa setempat.

Ia berharap bantuan perbaikan kerusakan rumah dari pemerintah kabupaten segera dilakukan sehingga warga terdampak bencana yang masih mengungsi di rumah keluarga bisa menempati kembali rumah mereka untuk beraktivitas kembali secara normal.

Diberitakan sebelumnya, bencana angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Desa Hadakewa pada Minggu, 5 Januari 2020, sekitar Pukul 06.00 WITA.

Bencana tersebut tidak menelan korban jiwa namun menimbulkan dampak kerusakan sebanyak sembilan rumah warga serta aset pemerintah desa berupa balai dan lapangan futsal.

Baca juga: Pemkab Lembata data kerusakan akibat puting beliung di Hadakewa

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Puting beliung hancurkan rumah di 2 kabupaten di Sultra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar