KBRI Manila berikan bantuan pada WNI terdampak erupsi Gunung Taal

KBRI Manila berikan bantuan pada WNI terdampak erupsi Gunung Taal

Tim Pelindungan WNI KBRI Manila bersama para mahasiswa Indonesia mendistribusikan bantuan logistik bagi WNI yang terdampak erupsi Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, Senin (13/1/2019). (KBRI Manila)

Jakarta (ANTARA) - Tim Perlindungan KBRI Manila, Senin pagi, telah memberikan bantuan logistik kepada WNI yang terdampak erupsi Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina.

Selain memantau situasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat, tim tersebut akan mengevakuasi WNI ke KBRI Manila jika diperlukan.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Senin, terdapat 170 WNI yang bertempat tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.

KBRI Manila juga telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat, dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah.

Baca juga: Korban tewas akibat topan di Filipina mencapai 13 orang
Baca juga: Topan Phanfone kacaukan momen Natal di Filipina
Baca juga: Gempa magnitudo 6,9 di Mindanao Filipina terasa hingga Sulut


WNI yang menghadapi situasi darurat diharap segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.

Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, telah mengalami erupsi pada Minggu (12/1) pukul 17.30 waktu setempat. Gunung tersebut berjarak sekitar 82 kilometer dari Manila.

Erupsi gunung ini mengakibatkan pembatalan sejumlah penerbangan, penutupan sekolah-sekolah dan gedung pemerintah, serta evakuasi terhadap 8.000 penduduk yang tinggal di daerah berbahaya.
Baca juga: Gempa bumi kuat guncang Filipina
Baca juga: KBRI Manila: tidak ada WNI korban gempa Filipina
Baca juga: Sejumlah orang tewas akibat gempa di Filipina

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dua WNI eks sandra Abu Sayyaf akan dipulangkan 26 Desember

Komentar