Kupang (ANTARA) - Seorang pria bernama Abdurahman Haminoum (31) berkewarganegaraan Aljazair ditemukan nelayan Kabupaten Malaka, NTT berada di tengah laut di Perairan Laut Timor setelah tak mampu berenang dari Suai, Timor Leste ke Australia.

Kapolres Malaka AKBP Albert Neno dihubungi ANTARA dari Kupang, Senin (13/1) mengatakan bahwa WNA Aljazair itu ditemukan sedang mengapung di tengah laut oleh nelayan-nelayan di Kabupaten Malaka yang tengah mencari ikan di Perairan Laut Timor tersebut.

"Pria tersebut langsung dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan pertolongan pertama. Karena saat ditemukan oleh para nelayan, kondisi tubuhnya sudah lemas sekali," katanya.

Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara Abdurahman mengaku terpaksa ingin berenang ke Australia karena menurut pengakuan dari warga di Suai Timor Leste, jarak antara Timor Leste dan Australia sangatlah dekat.

Kenekatan dirinya untuk berenang tanpa alat bantu itu karena awalnya ia hanya seorang wisatawan "backpaker" yang sering berkeliling negara. Saat tiba di Timor Leste khususnya di Kota Suai, Abdurahman kehabisan uang.

Ia kemudian bingung harus mencari uang kemana lagi. Semakin lama di Timor Leste masa berlaku visanya habis, sehingga ia harus segera memperpanjang visanya. Namun apa daya, tak ada uang untuk memperpanjang visa tersebut.

"Sehingga ia memutuskan untuk berenang ke Australia. Namun karena cuaca buruk dan angin kencang di perairan itu, iapun sulit untuk berenang," tambah Albert.

Albert mengaku saat membesuk Abdurahman yang dirawat di RS Betun kondisi tubuh WNA itu sangatlah lemas dan tak berdaya karena selama hampir dua hari berada di tengah laut berusaha menyeberang ke Australia.

Namun siang tadi saat kondisi tubuhnya sudah membaik, WNA itu langsung dijemput oleh sejumlah staf dari Kantor Imigrasi Kelas II B Atambua untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kebetulan memang yang bersangkutan sudah banyak istirahat sejak dia ditemukan dan dibawa oleh nelayan di Malaka ke RS Betun pada Sabtu (11/1) malam lalu," ujar dia.

Baca juga: PSDKP Kupang akui banyak rumpon ilegal di Laut Timor

Baca juga: KM Orca 04 amankan delapan rumpon ilegal di Laut Timor


 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020