Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video tentang Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memberikan pidato menjadi populer di media sosial sejak Kamis (9/1).

Di tengah-tengah pidato, Trump seketika membalikkan badannya ke arah belakang dan tampak kaget ketika terdengar seseorang meneriakkan takbir. Para pengawal pribadinya pun langsung sigap dan melindungi Trump di tengah kerumunan orang itu.

ANTARA menemukan sejumlah video serupa hanya saja dengan seruan takbir yang berbeda di media sosial Twitter. 

Salah satu akun Twitter membubuhkan narasi "Ketika SETAN mendengar kalimat TAKBIR! IranvsAmerica" sembari mentautkan video Trump yang tampak kaget itu.

Unggahan itu pun telah diunggah ulang sebanyak 840 kali, disukai lebih dari dua ribu pengguna lain, dan mendapatkan lebih dari 100 balasan dari pengguna lain.

Video dari pengguna lain yang serupa bahkan terdengar suara takbir seakan-akan datang dari semua orang yang hadir dalam acara pidato itu.

Sang pengunggah video memberikan narasi sebagai berikut: 

"Prustasi..!!! 
Donald Trump Pidato didepan Muslim 
Dia kepanasan karna mendengar Takbir." 


Namun, benarkah Donald Trump takut terhadap seruan takbir saat memberikan pidato sebagaimana dalam video itu?
 
Tangkapan layar video Presiden AS Donald Trump yang diunggah salah satu akun di Twitter (Twitter)


Penjelasan:

Dalam video itu tampak podium dengan papan nama TRUMP tertempel di sisi depannya. Selain nama TRUMP, papan itu juga memuat tulisan lain yaitu:

"TEXT "TRUMP" TO 88022
Dayton, Ohio
MAKE AMERICA GREAT AGAIN"


Podium dengan papan nama tesebut digunakan Trump saat masa kampanyenya pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada 2016.

"Text Trump to 88022" merupakan layanan informasi mengenai kegiatan dan visi-misi Trump kepada para pendukungnya. 

Sementara, tulisan "Dayton, Ohio" menunjukkan lokasi pidato kampanye saat itu yaitu Kota Dayton, di negara bagian Ohio.

Terakhir, keterangan "Make America Great Again" (Kembalikan Kejayaan Amerika) merupakan slogan yang digunakan Trump saat kampanye.  Slogan itu pertama kali muncul dalam kampanye Ronald Reagan pada 1980. 

Media ABC News, pada Maret 2016, memberitakan kejadian peristiwa pidato Trump di Ohio itu dengan judul "Trump Surrounded by Secret Service as Man Tries Rushing Stage".

Pemberitaan itu menjelaskan Trump dikelilingi oleh agen rahasia saat seseorang membuat keributan dengan naik ke atas panggung pidato kampanye.

Dalam artikel itu,  ABC News juga menyertakan video saat terjadi keributan tersebut. Dalam video itu, tidak terdengar seruan takbir dari orang-orang yang datang dalam kampanye. Sedangkan orang yang berupaya membuat keributan saat Trump berpidato itu bernama Thomas Dimassimo.

Video serupa juga telah diunggah oleh The Guardian pada 14 Maret 2016 dengan judul "Donald Trump rushed on stage by protester at Ohio rally".

Klaim  : Donald Trump takut terhadap seruan takbir saat memberikan pidato
Rating : Salah/Disinformasi

Baca juga: Trump akui 'tak peduli' jika Iran setuju berunding dengan AS

Baca juga: Trump kirim ucapan selamat ulang tahun untuk Kim Jong Un

Baca juga: Pentagon: Tak ada bukti spesifik Iran akan serang empat kedubes AS

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020