Piala Dunia Sepak Bola U20

Pemerintah apresiasi gerak cepat PSSI siapkan Piala Dunia U-20

Pemerintah apresiasi gerak cepat PSSI siapkan Piala Dunia U-20

Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk tim nasional U-19 Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin (13/1/2019). Seleksi itu diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong dan dipimpin oleh pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. (Michael Siahaan)

Cikarang Timur (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pemerintah mengapresiasi gerak cepat PSSI untuk menyiapkan skuat Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Terima kasih kepada semua jajaran PSSI yang secara serius menyiapkan tim untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah," ujar Zainudin di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin.

Menurut politikus Partai Golkar itu, salah satu keseriusan PSSI ditunjukkan dengan perekrutan pelatih timnas Indonesia, yang juga pelatih untuk Piala Dunia U-20 2021, Shin Tae-Yong sesuai tenggat waktu yaitu pada akhir tahun 2019.

PSSI juga bergerak lekas untuk menyusun program menuju Piala Dunia U-20 2021 yaitu seleksi 59 pemain timnas U-19 mulai 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

"Menyiapkan tim untuk Piala Dunia U-20 adalah bagian dari tugas PSSI. Sementara pemerintah bertanggung jawab atas kelengkapan infrastruktur baik soal stadion dan hal-hal yang berkaitan dengan hal itu," tutur Zainudin.

Menpora juga memastikan Presiden Joko Widodo selalu mendapatkan informasi mengenai perkembangan tim nasional untuk Piala Dunia U-20.

Presiden, lanjut Menpora, ingin agar pemerintah hadir dalam setiap persiapan menuju turnamen akbar tersebut. Itulah yang menjadi alasan Zainudin Amali datang langsung memantau seleksi pemain timnas U-19 di Wibawa Mukti, Senin (13/1), yang diikuti 51 pemain.

"Saya datang ke sini untuk memastikan bahwa program PSSI sudah berjalan. Tentu ini adalah proses panjang, tidak bisa sehari atau dua hari," kata dia.

PSSI mulai melakukan seleksi pemain untuk timnas U-19 mulai Senin (13/1) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. Dari 59 pemain yang dipanggil, ada 51 nama yang mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB-17.30 WIB tersebut.

Dua pemain akan menyusul ke Wibawa Mukti yaitu Jack Brown, yang berangkat dari Inggris, dan Braif Fatari. Sementara enam pemain lain yakni Risky Muhammad, Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fatur, Amiruddin Bagus dan Andre Oktaviansyah masih berada di Italia bersama tim Garuda Select.

Seleksi diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong dan dipimpin oleh pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. Asisten pelatih tim nasional senior Indra Sjafri juga turut menyaksikan seleksi tersebut.

Sebelum berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2021, pada tahun 2020 timnas U-19 akan berpartisipasi di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19.

Baca juga: Menpora senang Evan Dimas merumput kembali

Baca juga: Menpora yakin Pemkot mampu persiapkan GBT untuk Piala Dunia U-20



 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menpora jamin pelaksanaan PON di Papua sukses

Komentar