Jakarta (ANTARA) - PT Pelindo III (Persero) Group menyabet tujuh penghargaan sekaligus dalam rangka memperingati Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang tahun ini merupakan ke-50 sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Siaran pers Pelindo III yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan tujuh penghargaan sekaligus yakni penghargaan Zero Accident pada Unit Kantor Pusat Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Perak Regional Jawa Timur, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), PT Terminal Teluk Lamong (TTL), PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), serta penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS untuk PT Pelindo Husada Citra (PHC).

Direktur SDM Pelindo III, Toto Heli Yanto menjelaskan penghargaan ini adalah bukti bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pelindo III telah mempu menerapkan K3 dengan baik. “Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang kami terima hari ini, penerapan K3 di Pelindo III saat ini sudah berjalan dengan baik dan semoga penghargaan ini mampu melecut semangat kami untuk terus secara konsisten meningkatkan SMK3 di berbagai wilayah kerja kami," kata Toto.

Saat ini sebagai penyedia layanan operasional terminal bongkar muat di pelabuhan, Pelindo III terus berkomitmen untuk menerapkan SMK3. Seluruh potensi bahaya yang ada berhasil dikendalikan sampai batas standar aman, sehingga akan tercipta kondisi kerja yang nyaman, aman dan sehat agar proses bisnis dapat berjalan lancar.

Dalam rangka mengawali peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020, Pelindo III turut berpartisipasi dalam Apel Pembukaan Bulan K3 Nasional Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur yang digelar di Lapangan Kawasan SIER, Surabaya (13/1).

Apel yang mengusung tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta diikuti oleh berbagai instansi dan perusahaan di Jawa Timur.

Dalam sambutannya Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa pentingnya pemahaman serta penerapan K3 secara berkelanjutan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Dalam agenda peningkatan kualiatas SDM perlu pemahaman K3 yang komperehensif terutama bagi SDM di perusahaan, mungkin bagi perusahaan-perusahaan yang masuk dalam kategori perusahaan kelas dunia seperti Pelindo III, Angkasa Pura, barangkali K3 sudah relatif lebih mapan, tapi kita harus terus berbenah karena berbagai adaptasi dan adjustment terhadap perubahan dan inovasi teknologi tetap harus kita ikuti langkahnya," kata Khofifah.

Dalam rangkaian apel tersebut juga diberikan penghargaan kepada 40 perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan baik, termasuk Pelindo III


Baca juga: Jelang Natal, Pelindo III sediakan bus gratis di sejumlah pelabuhan
Baca juga: Pelindo III kembali gelontorkan dana kemitraan Rp2 miliar lebih
Baca juga: Pelindo III raih juara umum Anugerah Humas Indonesia 2019

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020