Para pemain terlihat grogi dan kurang agresif. Mungkin karena ini pertama kali mereka berkumpul,
Jakarta (ANTARA) - Manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengatakan, para pemain seleksi tim nasional U-19 kurang agresif di hari pertama penyaringan, Senin.

"Para pemain terlihat grogi dan kurang agresif. Mungkin karena ini pertama kali mereka berkumpul," ujar Shin setelah mengawasi seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Senin.

Namun, hal itu tidak berarti kemampuan teknik para pesepak bola belia tersebut mengecewakan.

Pelatih asal Korea Selatan itu belum bisa menilai kualitas para pemain seleksi hanya dalam satu hari.

"Kami akan melihat kemampuan mereka besok," tutur Shin.

Mulai seleksi

PSSI mulai melakukan seleksi pemain untuk timnas U-19 mulai Senin (13/1) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat. Dari 59 pemain yang dipanggil, ada 51 nama yang mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB-17.30 WIB. Seleksi ini dijadwalkan berlangsung sampai Jumat (17/1).

Dua pemain akan menyusul ke Wibawa Mukti yaitu Jack Brown, yang berangkat dari Inggris, dan Braif Fatari.

Sementara enam pemain lain yakni Risky Muhammad, Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fatur, Amiruddin Bagus dan Andre Oktaviansyah masih berada di Italia bersama tim Garuda Select.

Seleksi diawasi langsung oleh manajer pelatih Shin Tae-Yong bersama pelatih timnas U-19 Gong Oh-Kyun serta asistennya Nova Arianto. Asisten pelatih tim nasional senior Indra Sjafri juga turut menyaksikan seleksi tersebut.

Sementara untuk memantau kemampuan enam pemain dari Garuda Select, Shin Tae-Yong menyebut bahwa pelatih segera berangkat ke Italia karena Brylian dan kawan-kawan tidak bisa meninggalkan kegiatannya di Negeri Pizza.

"Pelatih Indra Sjafri sedang mengatur jadwal ke sana," kata Shin.

Pemusatan latihan

Nantinya, usai seleksi di Wibawa Mukti, para pelatih menentukan 30 pemain terbaik hasil seleksi timnas U-19 yang akan dibawa ke Thailand untuk menjalani pemusatan latihan.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia disiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia tetapi waktu belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Timnas U-19 diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: PSSI panggil 52 pemain ikuti seleksi timnas U-19

Baca juga: Pemerintah apresiasi gerak cepat PSSI siapkan Piala Dunia U-20

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020