Nominasi Oscar 2020 hampir didominasi pria, "Joker" memimpin

Nominasi Oscar 2020 hampir didominasi pria, "Joker" memimpin

ILUSTRASI: Seorang pria berpose dengan patung Oscar di tangannya dalam pameran "Meet The Oscars" di Grand Central Station, New York. ANTARA/REUTERS/Brendan Mc/am.

Jakarta (ANTARA) - "Joker", film dengan kisah kelam dari komik, memimpin nominasi di penghargaan Oscar 2020, di mana nomine film terbaik didominasi kisah oleh atau tentang laki-laki dan hanya menampilkan seorang aktor kulit berwarna putih meski selama beberapa tahun ini ada upaya untuk meningkatkan keberagaman.

11 nominasi untuk "Joker" meliputi nominasi utama, termasuk film terbaik, sutradara terbaik untuk Todd Phillips dan aktor terbaik untuk Joaquin Phoenix yang baru menang Golden Globe. "Joker" sudah meraup lebih dari satu miliar dolar AS di box office global.

Dalam keterangannya, Phillips mengatakan ia menganggap Joker sebagai "studi karakter untuk merefleksikan dunia di sekitar kita. Eksplorasi apa yang kita lihat dan rasakan di tengah masyarakat, dari kurangnya empati hingga efek dari ketiadaan cinta."

"Joker" akan berkompetisi dengan "The Irishman", "Once Upon a Time in Hollywood", "Parasite", "Marriage Story", "1917", "Jojo Rabbit", "Little Women" dan "Ford v Ferrari" di kategori film terbaik, penghargaan paling bergengsi di Oscar.

Baca juga: Netflix masuk 24 nominasi Oscar, bersaing dapatkan piala film terbaik

Sementara itu, Netflix dapat 24 nominasi, termasuk drama biografi "The Two Popes" dan dokumenter "American Factory", salah satu kolaborasi awal dengan perusahaan produksi mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle.

Hanya "Little Woman", adaptasi dari novel klasik Louisa May Alcott, yang jadi nomine film terbaik dengan tim produksi dan kisah mengenai perempuan.

Sutradara Greta Gerwig tidak masuk nominasi sutradara terbaik yang semuanya merupakan laki-laki, tapi dia dapat nominasi untuk skenario adaptasi terbaik. Saoirse Ronan dan Florence Pugh juga jadi nomine.

Pugh mengatakan ia sedih Gerwig tidak masuk nominasi sutradara terbaik, tapi dia mengatakan pada Reuters, "Filmnya ditonton dan orang-orang menghargai karya dan bakatnya. Jadi walau sedih, kami tidak betul-betul kalah."

Co-produser "Little Women" Amy Pascal mengatakan film itu "membuat sejarah dengan menjadi film ketiga yang ditulis, disutradarai dan diproduksi hanya oleh perempuan yang masuk nominasi film terbaik."

Meski demikian, tercatat 62 perempuan dapat nominasi dalam Oscar 2020, hampir sepertiganya, kata Academy of Motion Picture Arts and Sciences, di mana 8000 anggotanya memilih para nomine dan pemenang.

Dari 20 nomine dalam kategori akting, hanya ada satu orang kulit berwarna, yakni Cynthia Erivo dalam film "Harriet".

Sementara "Parasite" jadi film Korea Selatan pertama yang dinominasikan untuk film terbaik dan film internasional terbaik. Sutarada Bong Joon Ho juga jadi nomine sutradara terbaik.

Baca juga: Kerusuhan hingga peternakan lebah, film Internasional di Oscar 2020

Baca juga: Nama besar seperti JLo dan Eddie Murphy tak ada di Oscar 2020

Baca juga: Daftar nominasi utama Oscar 2020, "Joker" hingga "Parasite"

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kelas standar BPJS Kesehatan diterapkan bertahap mulai 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar