sepuluh penyakit yang mendominasi selama 2019 dan tertinggi itu pneumonia
​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Penderita pneumonia atau penyakit radang paru-paru mendominasi pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pariaman, Sumatera Barat selama 2019 dengan jumlah penderita 309 orang.

"Ada sepuluh penyakit yang mendominasi yang kami tangani selama 2019 dan yang tertinggi itu pneumonia," kata Direktur RSUD Pariaman dr. Indria Velutina di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan anak-anak mendominasi penderita pneumonia yang ditangani RSUD Pariaman.

Baca juga: KBRI Beijing pastikan tidak ada WNI terjangkit wabah pneumonia berat

Baca juga: Imunisasi upaya preventif tekan radang paru-paru balita, sebut pakar


Ia menyebutkan pada 2019 setidaknya 283 pasien yang terdiri dari 185 laki-laki dan 98 perempuan berhasil diobati serta 26 pasien meninggal dunia dengan rincian 23 laki-laki dan tiga perempuan.

Ia menyampaikan penyakit radang paru-paru tersebut disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur karena faktor lingkungan yang kurang sehat.

Selain pneumonia, lanjutnya ada sejumlah penyakit lainnya yang mendominasi ditangani oleh RSUD Pariaman yaitu noenatus lahir sectio caesarea atau atau melahirkan dengan operasi yang mencapai 205 pasien.

"Untuk melahirkan dengan operasi ini karena kondisinya sudah memprihatikan," katanya.

Selanjutnya penyakit gastroenteritis atau infeksi yang terjadi pada usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dengan jumlah pasien 197 orang, lalu bronkopneumonia atau infeksi yang menyerang saluran pernapasan dengan jumlah 172 pasien.

Ia menyampaikan pasien di RSUD tersebut tidak saja berasal dari Kota Pariaman namun juga Kabupaten Padang Pariaman, Agam, dan Pasaman Barat.

Ia menyebutkan pada 2019 jumlah pasien rawat inap di RSUD Pariaman mencapai 8.919 orang dan jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 8.227 orang.

Sedangkan jumlah pasien kunjungan rawat jalan RSUD Pariaman pada 2019 mencapai 104.971 orang yang jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 113.714 orang.

Baca juga: Menkes minta warga Indonesia waspada penyakit pneumonia berat di China

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020